UI Tambah Dua Guru Besar Fakultas Teknik

Dua guru besar UI usai dikukuhkan
Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) kembali mengukuhkan dua guru besar tetap dari Fakultas Teknik (FT). Mereka adalah Prof. Dr.-Ing Ir. Dwita Sutjiningsih, Dipl.HE Guru Besar Tetap UI bidang ilmu Hidrologi – Teknik Sipil dan Prof. Dr. Ir. Fitri Yuli Zulkifli, ST, MSc Guru Besar Tetap UI bidang ilmu Microwave Antenna Engineering – Teknik Elektro.

Pengukuhan dipimpin langsung Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. di Balai sidang, Kampus UI, Depok, Rabu (29/11/2017).  Dua guru besar ini menambah jumlah Profesor Tetap di lingkungan UI menjadi 274 orang.

Prof. Dwita memaparkan pidato pengukuhannya berjudul “Ekohidrologi dalam Bingkai Masyarakat Urban : Peran Ahli sebagai Pemangku Kepentingan, menyebutkan hampir 80 persen ekosfir telah dikondisikan, dikonversi, dan dikonsumsi manusia. Maka diperlukan rencana tindak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pergeseran paradigma dan kebijakan, melalui inovasi dan pendidikan, riset integratif interdisiplin sehingga dapat tercipta kebijakan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Sedangkan Prof. Fitri menyampaikan pidato pengukuhan bertajuk “Antena sebagai Sensor pada Aplikasi Teknologi Modern untuk Peningkatan Kualitas Hidup. Menurutnya, antena untuk berbagai teknologi modern mengalami perkembangan yang sangat pesat, diawali dengan antena kawat sederhana (dipole), kemudian menjadi berbagai jenis antena, antena susun kompleks dengan berbagai dimensi dan kini menuju nano antena yang bekerja di frekuensi Terahertz. Penggunaan antena awal digunakan untuk komunikasi radio, kemudian TV dan terus berkembang ke telekomunikasi nirkabel yang kini menuju 5 Generation (5G), kini sangat dirasakan menjadi kebutuhan hidup manusia.

Kini antena berkembang terus, dapat digunakan sebagai sensor dalam berbagai aplikasi seperti pada sistem telekomunikasi 4G yang menggunakan smart antenna dengan beamforming untuk mendeteksi dan mengarahkan signal ke pelanggan sehingga lebih efisien dengan jarak jangkau layanan yang lebih luas, pada sistem radar untuk mendeteksi kapal laut pada VesselTraffic Surveillance (VTS), sistem pendeteksian kesehatan manusia dengan microwave imaging dan sistem spektroskopi Terahertz yang dapat mendeteksi jenis bahan yang terkandung dalam makanan. Keempat contoh sistem ini digunakan untuk peningkatan kualitas hidup.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar