Depok Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda 2017

Kadis Kesehatan Kota Depok saat menerima penghargaan
Balaikota, Depok Terkini

Kota Depok kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Wiwerda tahun 2017. Penghargaan diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (28/11/17).

Penghargaan dua tahun ini diberikan atas upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mewujudkan Depok sebagai kota yang sehat.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, ini merupakan kali ketiga Kota Depok memperoleh penghargaan kota sehat, setelah sebelumnya telah meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba Padapa sebanyak dua kali berturut-turut pada tahun 2013 dan 2015 dengan 2 tatanan.

“Penghargaan ini merupakan wujud kerja sama antara unsur-unsur masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan Depok sebagai kota sehat melalui berbagai upaya yang telah dilakukan,” tutur Idris, Rabu (29/11).

Menurutnya, penghargaan ini merupakan peningkatan capaian-capaian pelayanan standar, seperti capaian imunisasi, angka kematian ibu dan bayi, dan lainnya."Capaiannya baru mencapai 80 persen, jadi belum sampai Kota sehat. Ini baru peringkat ketiga dan masih ada dua peringkat lagi,"jelas Walikota.

Ia berharap, dengan penghargaan kota sehat ini, masyarakat di Kota Depok lebih peduli dan sadar untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui berbagai upaya promotif dan preventif, sehingga tingkat kesehatan masyarakat di Kota Depok dapat terus meningkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies menuturkan, penghargaan ini diperoleh karena Kota Depok telah memenuhi 4 kriteria atau tatanan dari 9 kriteria yang ada. Keempat tatanan tersebut yaitu tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan ketahanan pangan dan gizi, dan tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Alhamdulillah, di tahun ini untuk kota sehat Depok naik peringkat dari sebelumnya Swasti Saba Padapa yaitu hanya 2 kriteria atau tatanan. Pada penghargaan kota sehat ada 3 kategori yaitu Swasti Saba Padapa (2 kriteria), Swasti Saba Wiwerda (4 kriteria), Swasti Saba Wistara (6 atau lebih kriteria),” tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar