Breaking News

recent

UI Buka Jurusan Pascasarjana Tata Kelola Pemilu

Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) membuka Program Magister “Tata Kelola Pemilu” dibawah Departemen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP)  UI, Rabu (1912/2017).

Program ini diharapkan akan menghasilkan tenaga-tenaga sumber daya manusia yang profesional, handal dan mumpuni dalam menangani kegiatan pemilu. 

"Daya tampung dari program studi ini adalah 30 mahasiswa," ungkap Dr. Meidi Kosandi, Ketua Program Pascasarjana Departemen Ilmu Politik di Ruang Apung Perpustakaan UI Depok.

Menurutnya, program studi ini adalah tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama pada tahun 2015 antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan 10 universitas negeri di Indonesia, termasuk UI. Dalam perjanjian kerja sama tersebut, kesepuluh universitas akan menjadi mitra KPU dalam membuka program pascasarjana terkait pengelolaan pemilu.

“Untuk tahun pertama, program tata kelola pemilu ini akan berisi sejumlah mahasiswa yang merupakan staf  KPU yang diberikan beasiswa full oleh KPU,” ujar Meidi. 

Di tahun-tahun selanjutnya, lanjut Meidi, akan dibuka untuk umum melalui mekanisme Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK), termasuk pembukaan kelas-kelas internasional yang diperuntukkan untuk calon-calon mahasiswa dari berbagai negara di dunia.

Sebagai informasi, jurusan dengan peminatan tata kelola pemilu sampai saat ini hanya ditawarkan di dua negara, yaitu Amerika dan Italia sehingga program studi ini diharapkan akan menjadi program unggulan UI dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan demokrasi di Asia Tenggara dan dunia.(ndi)

No comments