LDNU Depok Gelar Pelatihan Da'i Aswaja

Cilodong, Depok Terkini

Tidak bisa dipungkiri fenomena di masyarakat banyak dijumpai dalam berdakwah menampilkan Islam yang keras, mengkafirkan orang lain, menyesatkan dan lainnya. Atas keprihatinan tersebut Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Depok menggelar kegiatan Pelatihan Da'i Aswaja.

"Kita ingin memberikan warna pada para Da'i dalam menyebarkan dakwah Islam Rahmatan Lil 'Alamin. Menangkal teroris dan Islam radikal,"ujar Ketua LDNU Kota Depok KH. Chaerul Anwar. Kantor PC NU Depok, Kalimulya, Cilodong, Depok, Selasa (16/01/2018)


Menurutnya, salah satu tujuan pelatihan tersebut membekali peserta agar dalam menyampaikan dakwah Islam yang ramah. Pasalnya, dapat mencegah meluasnya faham radikalisme dan ideologi yang mengancam disintegrasi Negara. 

"Tentunya, banyak manfaat yang didapatkan bagi peserta atau para Da'i. Selain menambah wawasan, juga meningkatkan kualitas para Da'i,"jelasnya.

Chaerul mengungkapkan, sebanyak 50 peserta (15 peserta Da'iyah) dari perwakilan 11 Kecamatan dan Badan Otonom NU mengikuti pelatihan. Dirinya menambahkan, para peserta mendapatkan materi seperti: ke-NU-an, Aswaja, Kebangsaan, Retorika Dakwah, Media Dakwah, Konsep Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin dan lainnya. Selain itu, para peserta juga diajarkan dakwah secara online.

Apalagi, lanjutnya, saat ini masyarakat menjadikan dunia maya dan medsos sebagai kebutuhan. "Setelah selesai pelatihan tidak begitu saja, tapi juga mendapatkan bimbingan saat terjun ke masyarakat dalam berdakwah. Kita berharap agar dakwah dengan lembut, moderat sesuai dengan Aswaja,"harapnya.

Sementara itu, Ketua PC NU Kota Depok KH. Salamun Adiningrat mengungkapkan bahwa kebanyakan peserta adalah seorang Da'i dan Da'iyah. Untuk itu, lanjutnya, dalam penyampaian materi tidak selalu retorika dakwah. Namun, lanjutnya, lebih pada mewarnai dengan ke-NU-an dan Aswaja.

Selain itu, LDNU juga membekali tentang sosial. Sehingga para mubaligh tidak hanya di atas panggung saja, namun juga secara sosial juga baik.
"Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Acara lanjutan akan segera digelar lagi,"paparnya.

Dalam kegiatan tersebut juga disponsori oleh Baznas Depok, TOA dan lainnya.  Tampak hadir Rois Syuriah PC NU Depok KH. Zainudin Maksum Ali, KH. Syihabudin Ahmad, H. Yuyun Wirasaputra dan lainnya.(huma)

No comments:

Post a Comment