Pemkot dan Baznas Siapkan Program Pemberdayaan Anak Yatim

Peletakkan batu pertama TPQ
Pancoran Mas, Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok
menargetkan untuk memberdayakan anak yatim dari sisi ekonomi.

Hal itu dikatakan Wali Kota Depok Mohammad Idris disela peletakan batu pertama pembangunan Taman Pendidikan Quran (TPQ) dan rumah Yatim Al-Awwal di Jalan Mawar Raya, RW05 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Minggu (06/01).

"Saya sudah arahkan ke Baznas untuk mempunyai program pemberdayaan anak yatim dari sisi ekonominya. Kita targetkan kalau punya 20 anak yatim binaan, maka paling tidak lima orang anak yatim tersebut pada tahun depan sudah bisa mandiri dan tidak lagi menjadi mustahiq, tetapi sudah bisa menjadi muzaki. Ini target kita,"ujar Idris.

Dalam memberdayakan anak yatim, lanjut Idris, tidak hanya memberdayakan dari sisi kebutuhan material saja, tetapi diperlukan mentalitas dan spiritual sehingga tidak menghabiskan dana hanya untuk di konsumsi.

Walikota serahkan potongan nasi tumpeng ke panitia
Untuk itu, Walikota meminta Baznas bisa menyalurkan zakatnya secara tepat guna dan efektif."Kita telah mewajibkan seluruh ASN untuk membayarkan zakat profesinya ke Baznas. Dan nantinya zakat tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat,"terangnya.

Terkait pembangunan TPQ dan gedung anak yatim, Idris menyatkan bahwa ini merupakan kebanggaan sekaligus bagian untuk mewujudkan masyarakat yang religius." Sarana dan fasilitas seperti ini sangat dibutuhkan di tengah masyarakat karena masih minimnya pendidikan agama di sekolah, khususnya sekolah negeri,"ungkapnya.

Idris berharap TPQ dan rumah yatim Al-Awwal ini bisa berperan aktif dan berfungsi secara efektif dalam membantu pemerintah khususnya pembangunan dan mensejahterakan masyarakat.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar