Breaking News

recent

UI Resmikan Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA-Pertamina

Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin 
Beji, Depok Terkini

Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. bersama Direktur Pertamina Elia Massa Manik meresmikan Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – PT. Pertamina (Persero), Kamis (11/01/2018)

Menurut Rektor, Pembangunan Laboratorium Riset Multidisiplin ini merupakan hasil implementasi kerjasama antara Universitas Indonesia (UI) dengan PT. Pertamina (Persero) yang telah berjalan lebih dari 10 tahun.

Hal ini dilakukan dalam rangka menjawab tantangan di bidang sains di masa depan, terutama dalam peningkatam jumlah dan kualitas riset, serta sebagai upaya mewujudkan World Class Research University yang dapat memberikan solusi pembangunan berkelanjutan.

"Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin ini dirancang dengan konsep Green Building, yang sarat dengan konsep ramah lingkungan dengan menerapkan efesiensi energi untuk pencahayaan dan sirkulasi udara," jelas Anis.

Gedung Laboratorium ini terdiri dari delapan lantai dengan luas lantai masing-masing hampir 1.000 meter persegi. Anis berharap dengan Riset Multidisiplin mampu mendorong pertumbuhan karya inovasi bagi pembangunan bangsa serta mengembangkan kegiatan riset baik riset dasar maupun riset terapan di UI pada umumnya dan FMIPA UI pada khususnya.

Selain peresmian, juga digelar peringatan dies natalis ke-57 FMIPA UI, dengan  menghadirkan beberapa tokoh nasional sebagai narasumber, serta penandatanganan MoU antara Fakultas Teknik UI dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

“ Nantinya akan ada sharing facility, mahasiswa UI dapat menggunakan fasilitas laboratorium LAPAN begitu juga sebaliknya. Staf LAPAN juga dapat melanjutkan jenjang akademik S2 dan S3 mereka di UI, tapi base on research, langsung fokus ke riset yang spesifik. Para ahli LAPAN juga bisa menjadi pembimbing atau supervisor bagi mahasiswa-mahasiswa UI yang sedang menyelesaikan skripsi ataupun tesis,” ujar Rektor UI lagi.(ndi)

No comments