UI dan Telkomsel Luncurkan Spekun Berbasis Aplikasi

Rektor UI melakukan uji coba Spekun
Beji, Depok Terkini

Universitas Indonesia (UI) dan Telkomsel melaunching inovasi sepeda kuning (Spekun) hasil implementasi teknologi NB-IoI (Narrowband Internet of Things) di dalam sistem bike sharing kampus. Soft launching Spekun digelar di area Perpustakaan UI, Depok, Rabu (14/3/2018)

Bike sharing adalah sebuah konsep layanan peminjaman sepeda kepada publik dalam jangka waktu tertentu dari satu titik lokasi ke titik lokasi lainnya. Konsep peminjaman sepeda berbasis aplikasi smartphone, dan penyediaan tiang parkir berbasis radio-frequency identification (RFID) sehingga sepeda bisa diparkirkan pada dock parkir tersebut.

Untuk tahap awal, Telkomsel memberikan 20 sepeda beserta perangkat smartLock yang merupakan sistem pengembangan kerja sama Banopolis dan Telkomsel.

UI akan melakukan uji coba sistem bike sharing ini selama satu semester untuk melihat implikasi pemakaian. “Bila lancar, maka kami harap awal tahun 2019, sistem bike sharing berbasis teknologi ini sudah dapat diterapkan ke seluruh area UI,” ujar Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met, kepada wartawan.

Menurut Anis, keberadaan Spekun yang telah dimulai pada tahun 2008 ini, merupakan wujud komitmen nyata UI dalam mewujudkan Kampus Hijau.  UI juga merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki ekosistem sepeda kampus beserta jalur sepedanya, dan pada tahun ini meraih peringkat 23 dunia dalam pemeringkatan Green Metric World University Rankings.(ndi)

No comments:

Post a Comment