Kodim 0508/Depok Garap Normalisasi Lima Situ

Dandim dibantu Pasiter tanam pohon di area Kali Pesanggrahan
Sawangan, Depok Terkini

Kodim 0508/Depok saat ini tengah fokus menggarap normalisasi lima Situ di wilayah Kota Depok. Kelima Situ tersebut adalah Situ Bahar, Gadog, Pengarengan, Patinggi dan Sidamukti.

"Normalisasi lima Situ merupakan perintah komando atas. Pekerjaan normalisasi sudah dilakukan secara serentak sejak Senin 16 Juli 2018 lalu," ujar Komandan Kodim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto saat melakukan aksi bersih di Kali Pesanggrahan, Pasir Putih, Sawangan, Depok, Sabtu (21/07/2018).

Menurut dia, perkerjaan normalisasi ini sesuai kesepakatan dan kerjasama antara Pangdam Jaya dengan pihak   Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BWSCC) terkait pemeliharaan empat sungai dan sembilan Situ di wilayah Jabodetabek.

"Kita diberikan waktu selama 100 hari harus selesai. Bahkan Panglima sudah turun langsung meninjau pekerjaan normalisasi Situ," jelas Iskandar.

Pekerjaan normalisasi Situ meliputi pendalaman dan pengecekan limbah yang berasal dari pabrik. "Mungkin ada limbah yang mengalir ke Situ, kita akan cari permasalahannya. Sedangkan untuk masalah sampah dan pengukuran batas Situ akan berkordinasi dengan dinas terkait," tutur Dandim seraya menambahkan dirinya telah meminta agar para penggiat Situ bisa mengolah Situ menjadi tempat wisata.

Dari lima situ ada yang dinormalisasi, kata Iskandar,  kondisi Situ yang paling kritis adalah situ bahar."Kondisi Situ Bahar mengalami pendangkalan dan debit airnya sudah berkurang," tandas Dandim.(ndi)

No comments:

Post a Comment