Ratusan Penyembelih Hewan Ikuti Pelatihan

Peserta serius menyimak materi pelatihan penyembelihan hewan
Pancoran Mas, Depok Terkini

Sedikitnya 130 peserta penyembelih hewan kurban di wilayah Jabodetabek mengikuti pelatihan penyembelihan dan praktik juru sembelih halal di Masjid Al Muhajirin, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, Minggu (05/08).

Kegitan tesebut bertujuan agar penyembelihan hewan kurban sesuai syariat, cepat dan tak menyiksa hewan.

“Secara syariat agama bagi penyembelih memenuhi syarat, tapi setelah ditelaah teknik bilah (golok) ketajamannya belum memenuhi syarat,” kata Sugianto selaku Humas Juru Sembelih Halal (Juleha) Kota Depok.

Dalam kegiatan itu, peserta selain diberikan modul, juga memperoleh penjelasan terkait ilmu fiqih dari ustaz Ahmad Soleh Firdaus Habibi, ustaz Muhidin, praktik penyembelihan dan ustaz  Ahmad Tamami, praktik lapangan penyembelihan hewan.

Untuk terpenuhinya persyaratan, ujar Sugianto, penyembelih harus menyiapkan bilah yang tajam. Caranya,dengan memotong kertas, jika kertas yang dipotong tidak nyangkut, maka sudah dipastikan golok tersebut tajam, sebaliknya jika kertas yang dipotong nyangkut sebaiknya bilah diasah kembali.

Hal ini, ditambahkannya, agar hewan yang disembelih tidak merasakan sakit, sehinggga tidak menyiksa hewan dan pemotongannya menjadi ikhsan. “Jadi setiap memotong hewan, bilah harus tajam. Dan ini merupakan pelatihan dasar yang diselenggarakan Juleha Kota Depok,” tuturnya.

Terpisah ustaz Ahmad Tamami mempraktikkan langsung penyembelihan berupa enam ekor kambing. Para peserta dengan antusias memperhatikan pemotongan hewan dengan waktu singkat.
“Pemotongan hewan ini jika tahu tekniknya waktunya sangat singkat hanya hitungan detik, karena bilah yang digunakan sangat tajam sesuai dengan syarat yang ditentukan,” ujar Tamami.(deb)

Posting Komentar

0 Komentar