Kecamatan Sukmajaya Perkuat Sinergitas Tiga Pilar

Sukmajaya, Depok Terkini

Dalam mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan terjadinya berbagai permasalahan di wilayah, Kecamatan Sukmajaya menggelar Sosialisasi Tiga Pilar Tahun 2018 di aula Kantor Kelurahan Cisalak, Jalan Raya Bogor, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Kamis (23/09).

Sosialisasi dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Camat Sukmajaya Mulyamto, Danramil 03/Sukmajaya Kapten Inf Suyono, staf kecamatan Sukmajaya, Lurah Cisalak, para Babinkamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Sukmajaya, Ketua LPM, Karang Taruna, tokoh masyarakat serta para unsur masyarakat lainnya.

Menurut Plt Camat Sukmajaya, Mulyamto. Sosialisasi tiga pilar sangat penting untuk menyampaikan program-program pemerintah baik program dari pusat, provinsi dan kota serta instansi vertikal lainnya."Sosialisasi ini juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus menginformasikan sejumlah program pemerintah, termasuk program dari Kepolisian dan TNI," tuturnya.

Dikatakannya, semua program tiga pilar bisa dipadukan dalam satu program untuk diaplikasikan di lapangan."Jadi, tiga pilar harus tanggap dengan permasalahan yang ada dilapangan. Kalau kita tanggap, tidak ada lagi warga yang mengadu ke Walikota, Wakil Walikota, atau dinas. Kalau ada permasalahan cukup ditangani oleh Camat, Kapolsek dan Danramil," tandasnya.

Ia mengatakan, berbagai pengaduan dan keluhan masyarakat seperti kenakalan remaja tidak harus diselesaikan sampai ke Polres. Permasalahan cukup diselesaikan di tingkat RT dan RW."Peran orang tua juga sangat penting dalam pembentukan keluarga. Kalau keluarga tidak mampu maka bisa lewat kontrol sosial, semua harus saling mengisi untuk mengatasi permasalahan," tegas Mulyamto.

Sementara itu, Danramil 03/Sukmajaya, Kapten Inf Suyono mengatakan, untuk menjaga pertahanan dan keamanan di wilayah Kecamatan Sukmajaya diperlukan sinergitas tiga pilar yaitu TNI, Kepolisian dan aparat pemerintah. Karena itu, TNI berkomitmen mewujudkan tiga pilar sebagai kekuatan mulai dari tingkat kelurahan, hingga kecamatan. Melalu tiga pilar maka segala permasalahan bisa diselesaikan dengan baik sehingga terwujud kondusifitas wilayah.

" KeberadaanTiga pilar untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, karena itu, kekuatan tiga pilar harus dibangun dari bawah dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Kalau kekuatan ini terwujud maka tidak ada permasalahan yang tidak bisa diselesaikan," pungkas Suyono.(ndi)

No comments:

Post a Comment