FTUI Resmikan Model Rumah Masa Depan Dual Power

Beji, Depok Terkini

Tropical Renewable Energy Center Fakultas Teknik Universitas Indonesia (TREC FTUI)  meluncurkan Rumah Masa Depan mengusung teknologi Listrik Dual Power Pertama di Indonesia.

Rumah bernama Sofwan House TREC FTUI ini menerapkan teknologi pembangkit listrik fuel cell (sel bahan bakar) dan solar cell (panel surya). Rumah tersebut juga akan menjadi laboratorium riset inovasi energi terbarukan ramah lingkungan.

Dekan FTUI Dr.Ir. Hendri D.S. Budiono, M.Eng., dan Ir. Sofwan Alfarisi, MM yang merupakan donatur utama Sofwan House dan alumni Fakultas Teknik UI ikut meresmikan Sofwan House pada Kamis (25/10) di FTUI kampus Depok. Hadir pula Direktur TREC FT UI Dr-Ing Eko Adhi Setiawan, dan Direktur PT. Cascadiant Indonesia Rahmadi Budiman, S.T., M.T serta para pimpinan dan dosen FTUI.

Direktur TREC FT UI. Dr.-Ing. Eko Adhi Setiawan menuturkan, rumah terbuat dari kontainer ini dirancang sedemikian rupa agar kebutuhan listriknya dapat dipenuhi sendiri, dan listrik dari PLN hanya digunakan sebagai cadangan saja."Listrik yang dihasilkan berasal teknologi fuel cell (sel bahan bakar) dan solar cell (panel surya) yang kemudian disimpan dalam baterai, untuk kemudian disebut dengan istilah Dual Cells. Listrik keluaran alat ini mampu menyalakan berbagai peralatan listrik rumah tangga. Perangkat ini berkapasitas 2500 sampai 4000 Watt dimana dapat digunakan untuk 1-3 rumah di perkotaan,” ujar Eko.

Sementara itu, Dekan FTUI Hendri D.S. Budiono menyampaikan, FTUI kembali meluncurkan inovasi bermanfaat bagi masyarakat. Kali ini melalui teknologi DCON yang dikembangkan TREC, listrik DC terbukti lebih stabil dan dapat dibangkitkan langsung oleh panel surya dipasang di atap rumah, sehingga tidak terjadi perubahan konversi energi listrik dari DC ke AC menggunakan inverter. "Alat DCON ini belum ada dipasaran, oleh karena itu hasil penelitian ini kedepannya akan menjadi teknologi alternatif pagi para pengguna energi terbarukan agar sistem kelistrikannya menjadi lebih efisien dan lebih terjangkau harganya,” ungkapnya.

Dia berharap model Rumah Masa Depan berikut teknologinya mampu menjadi terobosan teknologi di Indonesia, sehingga kedepannya dapat lebih mengoptimalkan penggunaan listrik dari energi terbarukan, seperti panel surya dan turbin angin.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar