Masa Tunggu Lulusan PNJ Kurang dari Tiga Bulan

Beji, Depok Terkini

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Abdillah mengatakan bahwa sekitar 60 lulusan PNJ terserap di bidang industri, dan 10 hingga 20 persen melanjutkan kuliah kembali D4 atau ke universitas.

Menurut dia, lulusan PNJ masa tunggunya tidak lama sekitar dua hingga tiga bulan."Masa tunggu kami tidak lama, secara umum kurang dari 3 bulan sudah bekerja, apalagi sudah bekerjasama dengan industri dan daerah," kata Abdillah usai acara wisuda ke-34 mahasiswa PNJ tahun akademik 2017/2018 di Balairung UI, Depok, Minggu (14/10/2018)

Dikatakan Abdillah, PNJ telah bekerjasama dengan industri dan daerah di Indonesia, diantaranya, PT Badak LNG, PT Holcim, Asia e-University Malaysia, CCIT Universitas Indonesia, BBLKLN Cevest Bekasi, Politeknik Swadharma, Akademi Komunitas Pekalongan, dan Akademi Komunitas Demak
Selain itu, lanjut Abdillah, ada juga program studi Mice yang ketika lulus bukan mencari pekerjaan tetapi menciptakan lapangan kerja.

"Salah satu perguruan tinggi pertama yang punya jurusan Mice adalah PNJ. PNJ juga satu satunya perguruan tinggi yang membuka mahasiswa berkebutuhan khusus dan setiap tahun meluluskan sebanyak 30 orang lulusan D3," tegas Abdillah.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang hadir dalam wisuda tersebut mengaku bangga karena para wisudawan/wisudawati tersebut merupakan calon pemimpin dimasa mendatang."Merekalah calon pelaku kepentingan untuk bangsa dan negara dengan berbagai prestasi yang luar biasa," ujar Walikota.

Menurut Idris, Pemerintah Kota Depok telah melakukan kerjasama dengan PNJ terkait pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan Kota Depok. Secara konseptual tim smart city Pemkot Depok dan tim program penyelenggaraan pemerintah selalu berkomunikasi dengan direktur PNJ untuk meminta masukan."Bahkan hasil penelitian PNJ juga kita pinjam terkait masalah pembangunan dan tata kota," tandas Idris.

Wisuda PNJ ke-34 diikuti sebanyak 1.850 wisudawan/wisudawati, dan hingga saat ini PNJ telah meluluskan sebanyak 33.931 orang, terdiri dari 21.646 lulusan bidang rekayasa dan 12.285 bidang tata niaga. Hadir dalam wisuda tersebut Direktur PNJ pertama Boy mewengkang dan Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balkis. Selain itu, PNJ juga telah menelorkan guru besar yaitu profesor bidang mechanical enginering.(dms)

Post a Comment