Taman Bacaan Gugah Anak Untuk Membaca

Sawangan, Depok Terkini

Baldan Fathullah pengelola Taman Bacaan Masyarakat (TBM) mengajak elemen masyarakat peduli terhadap gerakan literasi dan taman bacaan.

“Jika dalam 1 RW terdapat 1 taman bacaan, maka menggugah anak-anak untuk  membaca,” kata Baldan saat acara seminar bertema, “Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dan mewujudkan Depok Kota Layak Anak (KLA)” di RT 01/ 05, Jalan Jambu, Kelurahan Keduang, Kecamatan Sawangan pada, Minggu (4/11/2018).

Dengan membaca, kata Baldan, pengetahuan akan bertambah, selain itu, dapat mewujudkan pergerakan literasi, dan membantu program pemerintah yakni mewujudkan Depok KLA.

Seminar dihadiri narasumber di antaranya Ciptaji Samsul Balad, Ketua FTBM Kota Depok, Nero Taufik Abdilah, Ketua FTBM Provinsi Jabar, Aam Siti Aminah, Founder Rumah Baca Umi Bekasi, Penulis Buku Cincin pengantin di malam Takbir (kumpulan Puisi) H. Khairullah dan penulis Novel Perihal Senja Mulia, Azzahra, Lurah Kedaung, Wahidin,pengurus Karang Taruna Kelurahan Kedaung, Ketua Formi serta para tokoh masyarakat.

Sementara itu, Wahidin dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan dilaksanakan oleh rekan Muda HIPKI yang tergabung  dalam TBM Kedaung. Ia berharap dengan kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk mendirikan taman bacaan sehingga dari mulai anak-anak hingga dewasa gemar membaca.

“Mudah-mudahan pada  Musrenbang tahun 2019 kita bisa alokasikan anggaran sosial ekonomi untuk kegiatan taman baca baik itu kegiatan seminar literasi, kegiatan lomba literasi, budaya dan lainnya,” tandas Wahidin.

Namun, ditambahkannya, rekan pemuda yang aktif di taman bacaan bisa hadir dalam Musrenbang dan mengusulkan kegiatan tersebut.

Nero Taufik Abdilah atau yang lebih dikenal dengan sapaan Kang Opik menyampaikan, kegiatan TBM idealnya tidak hanya pada tataran seminar kumpul rame di permukaan.  Namun demikian, melakukan kegiatan riil sehari-hari dalam TBM tersebut. “Dengan demikain pengelola fokus  terhadap program TBM,” ujarnya. 

Di tempat yang sama, Daud Sulaeman selaku Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kecamatan Bojongsari menyatakan dukungan terhadap kegatan seminar tersebut. “Dengan seminar ini diharapkan menggugah masyarakat gemar membaca,” pungkasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar