TMMD Wujudkan Kali Binong Jadi Bersih dan Lancar

Cipayung Jaya, Depok Terkini

Pembangunan fisik program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 di wilayah Kodim 0508/Depok telah menyelesaikan pengerukan endapan di Kali Binong di wilayah Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok.

Kondisi Kali Binong yang semula sebagian badan kali dipenuhi endapan tanah dan ditumbuhi rerumputan membuat aliran air tersendat sehingga terjadi luapan air saat musim hujan. Kondisi itu diperparah dengan kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali Binong.

"Sekarang kondisi Kali Binong sudah bersih dan air mengalir dengan lancar. Ini semua berkat kerja keras Satgas TMMD yang bekerja tanpa kenal lelah. Mereka mengeruk endapan kali sedalam satu meter serta mengangkat sampah yang tersumbat," kata Dadang Iskandar warga RT03/10 Kelurahan Cipayung Jaya.

Dadang yang rumahnya berdekatan dengan Kali Binong juga menegaskan bahwa saat ini sudah tidak banjir atau terjadi luapan air setelah kondisi Kali Binong bersih dan lancar."Sudah beberapa hari hujan deras, aliran air Kali Binong lancar dan tidak ada hambatan," terangnya.

Disisi lain, Dadang kerap merasa geram dengan ulah warga yang masih seenaknya membuang sampah di Kali Binong."Saya akan awasi terus para pembuang sampah demi Kali Binong yang sudah bersih. Kalau ada yang membuang sampah akan saya tindak," tegas Dadang seraya menjelaskan dirinya merasa senang rumahnya digunakan sebagai tempat menginap anggota TNI Satgas TMMD.

Hal yang sama juga dikatakan Iwan, warga RT03/10, Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung. Menurutnya kegiatan pengerukan endapan di Kali Binong oleh TNI juga dapat dijadikan contoh kepada masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan dan kelancaran aliran air Kali Binong.

"Apa yang dilakukan TNI dengan mengeruk endapan dan mengangkat sampah harus dijadikan contoh oleh warga. TNI saja yang belum tentu warga Kelurahan Cipayung Jaya mau peduli dengan kebersihan Kali Binong. Kita sebagai warga harusnya bisa mencontoh TNI untuk menjaga kebersihan Kali Binong," tandas Iwan.(ndi)

Post a Comment