Vokasi UI Jalin Kerjasama Pertamedika dan BPJS Ketenagakerjaan

Beji, Depok Terkini

Sebagai upaya mencetak lulusan berkompeten dan memiliki daya serap tinggi di industri, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (Vokasi UI) kembali menambah mitra industri, yaitu, PT Pertamina Bina Media (Pertamedika) dan BPJS Ketenagakerjaan.

Penandatanganan kerjasama dilakukan langsung oleh Direktur Vokasi UI Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA dengan Direktur Utama Pertamedika Dr. Dany Amrul Ichdan, SE, MSac. dan Direktur Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Naufal Mahfudz pada 29 – 30 Oktober 2018 lalu.

Kini, Vokasi UI telah menjalin kerja sama setidaknya dengan 50 mitra industri, baik itu perusahaan swasta, BUMN maupun Pemerintah. Dengan terjalinnya kerjasama ini, maka para mahasiswa semester empat dan lima Vokasi UI dapat melakukan magang bersertifikat di kedua instansi tersebut.

Direktur Vokasi UI, Prof. Sigit menuturkan, Vokasi UI menjalankan “Kurikulum 321” dimana tiga semester awal belajar di kampus, dua semester berikutnya studi kerja di industri dan satu semester akhir magang dapat diterapkan optimum jika memiliki mitra yang berkomitmen tinggi. Sinergi antara institusi pendidikan dan industri sangat berperan penting untuk menghasilkan lulusan berkompeten.

"Dengan bertambahnya jumlah mitra industri Vokasi UI, diharapkan dapat memperkaya penguasaan ilmu, peningkatan kemampuan dalam bidang kerja serta membuka jaringan agar setelah lulus, para mahasiswa dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan atau berwirausaha secara mandiri," kata Sigit.

Tak hanya magang, lanjutnya, kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan juga termasuk Vokasi UI yang menyediakan Tempat Uji Kompetensi untuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), melayani sertifikasi terkait Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, serta menyediakan pelatihan, kajian terapan, konsultasi bisnis bagi para mitra, karyawan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Program Pendidikan Vokasi UI merupakan pendidikan tinggi kejuruan diploma (D3) yang menyiapkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja tertentu sehingga dapat langsung diserap sebagai tenaga kerja di industri, lembaga pemerintahan, atau berwirausaha secara mandiri.

Sejalan dengan tujuan tersebut inti pengajaran pada program pendidikan vokasi lebih mengutamakan keterampilan dan keahlian.  Adapun Program Studi yang ada adalah: Akuntansi, Pariwisata, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Perumasakitan, Okupasio Terapi, Fisioterapi, Adm. Perkantoran dan Sekretari, Perpajakan, Adm. Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria.(ndi)



Posting Komentar

0 Komentar