Siswa SMPN 04 Depok Dibekali Pendidikan Hukum dari Kejari

Sukmajaya, Depok Terkini

Program Jaksa Masuk Sekolah disambut antusias siswa-siswi SMP Negeri 04 Depok. Sebanyak 78 siswa bersemangat mengikuti penyuluhan hukum yang diberikan personil Kejaksaan Negeri Depok.

Staf Fungsional Bidang Intelijen Kejari Depok, Siswatiningsih menjelaskan Jaksa Masuk Sekolah merupakan program rutin dari bidang Intelijen bertujuan menanamkan kesadaran hukum sejak usia dini.

“Secara umum, kegiatan ini tidak hanya ke sekolah atau pesantren. Kami juga menyasar kelurahan, dan kecamatan untuk segmen masyarakat. Dengan harapan, kesadaran terhadap hukum perundangan semakin meningkat,” kata Siswatiningsih di SMP Negeri 04 Depok, Senin (28/01/2019).

Terkait materinya yang diberikan, lanjut Siswatiningsih,  disesuaikan dengan permintaan masyarakat atau pemohon. Di antaranya, tentang Undang-undang (UU) Perlindungan Anak, UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), serta UU Narkotika.

“Tidak jarang kita juga memberikan materi tentang sistem peradilan anak, agar anak-anak Depok memahami fungsi, peran kejaksaan dan proses peradilan anak secara umum,” tuturnya.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 04 Depok, Dudih Rohaedi, mengatakan dengan adanya penyuluhan hukum, dapat membangun karakter sadar hukum di dalam diri anak didiknya.

“Ini program yang positif, mengingat ada irisan antara pelajaran di sekolah, misalkan PKN, dengan apa yang diterangkah oleh pemateri. Diharapkan, pengetahuan anak terhadap dunia hukum semakin bertambah,” harapnya.(ndi)

No comments:

Post a Comment