Pradi : Diperlukan Komitmen Warga Berperilaku Bersih Dalam Penanganan Sampah


Cimanggis, Depok Terkini

Guna mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan diperlukan komitmen secara personal terkait perilaku hidup bersih dan bertanggung jawab dari warga Depok sendiri. Selain itu, Pradi juga mengajak seluruh element masyarakat untuk mengelola sampah dimulai dari sumbernya.

"Kalau perilaku hidup bersih sudah bisa diterapkan saya yakini tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan. Yang paling penting adalah komitmen kita secara personal untuk berperilaku bersih dan bertanggung jawab. Karena kebersihan sebagian dari iman," ujar Pradi usai membuka Forum Perangkat Daerah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok di Wisma Hijau, Mekarsari, Cimanggis, Depok, Selasa (19/02/2019).

Pradi menegaskan bahwa masalah persampahan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat.“Volume sampah semakin meningkat, Karena itu saya mengajak kita semua untuk mengelola sampah mulai dari sumbernya," tuturnya.

Pradi juga mengatakan, ada beberapa hal yang harus menjadi prioritas DLHK Kota Depok yang disesuaikan dengan tugas dan fungsi perangkat daerah dan dengan mengacu pada target kinerja RPJMD Tahun 2020. “Sesuai tugas dan fungsi Perangkat Daerah dan dengan mengacu pada target kinerja RPJMD Tahun 2020, beberapa hal yang harus menjadi prioritas DLHK diantaranya pengangkutan sampah 74,18 persen, pengurangan sampah 17,28 persen, dan pengoperasian TPA 60 persen. Saya yakin, dengan melibatkan seluruh stakeholder, target tersebut akan kita capai,” ungkap Pradi yakin.

Ditempat yang sama, Kepala DLHK, Etty Suryahati menjelaskan Depok memiliki 32 Unit Pengelolaan Sampah (UPS) dimana tiap UPS menampung sampah sebanyak 3-5 ton/tahun, dan sisanya di kelola TPA. “Dengan mengelola sampah mulai dari sumbernya, seperti sampah rumah tangga, kita akan mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA,” jelas Etty seraya menambahkan dalam rangka menuju Indonesia Bebas Sampah tahun 2025, penanganan sampah ditargetkan 70 persen dan Kota Depok saat ini telah mencapai 65 persen untuk penanganan sampah.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar