Lulus Vokasi UI Bisa Lanjut Pendidikan Sarjana Terapan di Australia


Beji, Depok Terkini

Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) menjalin kolaborasi dengan CQ University Australia dalam bidang riset dan akademik. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met yang diwakili oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi, Prof. Dr. Ir. Sigit Pranowo Hadiwardoyo, DEA dengan Rektor CQ University Australia, Mr Alastair Dawson di kampus Vokasi UI Depok, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Prof. Sigit menuturkan kerjasama ini fokus pada bidang akademik yaitu pertukaran pelajar, pendidikan lanjutan bagi lulusan Vokasi dan joint research para dosen. Jadi, katanya, lulusan Vokasi dengan kualifikasi memadai dapat melanjutkan ke jenjang sarjana terapan di CQ University Australia." Dengan adanya kerjasama ini tentunya akan mendatangkan manfaat bagi kedua belah pihak dalam peningkatan mutu akademik," tuturnya.

Terdapat sebelas program studi pada program S1 Terapan di CQ University Australia diantaranya D4 Kesehatan Masyarakat, Fisioterapi, Akuntansi dan Bisnis, Digital Media, dan komunikasi. Selain itu, melalui program joint research, diharapkan mampu mendorong para dosen untuk menghasilkan riset-riset yang berkualitas sehingga dapat berkontribusi besar atas pencapaian peringkat UI di dunia.

Sebelumnya pada 2018, Vokasi UI juga telah bekerjasama dengan Tokyo Metropolitan University untuk jenjang pendidikan lanjutan langsung ke jenjang Master pada program studi Okupasi Terapi dan Fisioterapi. Vokasi UI merupakan program yang dirancang untuk menyiapkan lulusan berkompeten dan siap kerja di bidang keahlian tertentu. Vokasi UI mempersiapkan lulusan berkompetensi secara profesional di tingkat nasional maupun internasional. Untuk itu, Vokasi UI berkomitmen untuk menciptakan kurikulum bermutu dan relevan dengan perkembangan jaman guna meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia. Saat ini, Vokasi UI memiliki 11 program studi di bidang kesehatan, sosial humaniora dan administrasi bisnis.(ndi)

No comments:

Post a Comment