DMI Depok Diharapkan Jadi Organisasi Pengayom Masjid


Balaikota, Depok Terkini

Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Depok menjadi organisasi yang bisa mengayomi masjid-masjid yang ada. Menurutnya, dengan manajemen profesional yang berfokus pada kemaslahatan umat Islam, DMI bisa menjadi organisasi terdepan dalam upaya memakmurkan masjid di Kota Depok.

“DMI ini harus jadi organisasi representatif pengayom masjid-masjid untuk kemaslahatan umat Islam, bukan untuk hal lainnya. Termasuk politik praktis,” ujar Idris usai melepas pengurus DMI Kota Depok ke Provinsi Jawa Barat, di Masjid Agung Balai Kota Depok, Selasa (26/03).

Idris berpesan kepada pengurus DMI, agar berfokus pada visi misinya dan menghindari adanya politik praktis di dalam masjid. Sebab, menurutnya secara aturan dan etika tidak diperbolehkan membawa politik praktis ke dalam tempat ibadah.

“Secara aturan dan etika memang tidak boleh membawa politik praktis ke dalam masjid,” jelasnya.
Dia menambahkan, meski demikian pemberian pemahaman mengenai konsep politik tetap diperbolehkan. Misalnya pemahaman mengenai bagaimana kriteria dalam memilih pemimpin.

“Yang tidak boleh itu politik praktis, yaitu dengan mengajak seseorang atau memberikan isyarat untuk memilih partai tertentu,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum DMI Kota Depok, Nasri Muhammad mengatakan keberangkatan DMI ke Bandung dalam rangka menghadiri pelantikan pengurus DMI provinsi Jawa Barat oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Kita berangkatkan sebanyak 30 orang, kebetulan ada beberapa pengurus DMI Depok akan dilibatkan dalam pengurus harian DMI Provinsi Jawa Barat. Alhamdulillah DMI Depok selama ini tetap eksis dan sudah menyambangi hampir 100 masjid selama dua tahun," tuturnya.

Dia berharap DMI Depok kedepan menjadi lebih baik dan bisa menata managerial masjid ke arah lebih baik lagi."Masjid kita di Depok butuh sekali program-program yang arahnya langsung ke umat dan umat merasa terjamah melalui jaringan managemen masjid," ungkapnya.

Menurut dia, ada 10 akselerasi program masjid yang sudah dicanangkan pusat untuk direalisasikan dan diaplikasikan di daerah."Salah satunya adalah program managemen masjid, Insya Allah dalam waktu dekat kita akan terus melakukan sosialisasi ke masjid-masjid di Kota Depok," ucapnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar