Hasil Musrenbang Diharapkan Dapat Merealisasikan Program Bermanfaat Bagi Masyarakat



Beji, Depok Terkini

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna berharap hasil Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020 tingkat Kota Depok dapat merealisasikan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat Depok.

"Saya sangat apresiasi kepada Bappeda Kota Depok atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga hasil musrenbang ini dapat merealisasikan program yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Pradi sebelum menutup Musrenbang RKPD Kota Depok tahun 2020 yang digelar selama dua hari di Hotel Bumi Wiyata, Kecamatan Beji, Depok, Kamis (14/03). 

Selanjutnya, ujar Pradi, hasil musrenbang RKPD ini akan menjadi pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) serta APBD Kota Depok tahun 2020. 
Namun demikian, Pradi menjelaskan tidak semua usulan baik dari hasil musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat Kota Depok dapat direalisasikan. Hal itu disebabkan akibat keterbatasan anggaran sehingga tidak semua usulan dapat dipenuhi secara utuh menjadi program dan kegiatan."Begitu banyak usulan yang ada, namun tidak semua usulan bisa dipenuhi karena keterbatasan anggaran," jelasnya.

Pradi menyarankan agar semua usulan bisa terealisasi, jika memungkinkan bisa mencari sumber pendanaan lain diluar APBD seperti melibatkan partisipasi aktif swadaya masyarakat dan swasta melalu CSR, kerjasama pemerintah dan badan usaha serta pendanaan dari pemerintah provinsi dan pusat.

"Saya berharap program prioritas yang sudah disepakati dapat dikaji dan ditelaah dengan sebaik-baiknya. Sehingga di tahun 2020 tidak lagi ditemukan kegiatan yang tertunda atau bahkan tidak dilaksanakan. Karena itu kita harus bisa mengantisipasi berbagai hambatan dan kendala yang mungkin terjadi," tandas Pradi.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar