Breaking News

recent

Kampanyekan Wasbang, Tim PPWK Sambangi SMP 13 Depok


Limo, Depok Terkini
Tim Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Kesbangpol Kota Depok menyambagi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 13, di wilayah Kelurahan Krukut, Kecamatan Limo, Depok, Senin (15/07/2019).

Kedatangan Tim PPWK dipimpin Kasi Bina Idiologi dan Wawasan  Kebangsaan Kesbangpol Kota Depok, Zulkarnain bertujuan mengkampanyekan wawasan kebangsaan (wasbang) kepada 300 siswa baru di sekolah tersebut.

Bertindak sebagai narasumber, Miranda Diponegoro dari Akademisi Universitas Indonesia, dan Sofyan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Dalam materinya, Miranda mengajak para siswa untuk dapat merealisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.


"Pancasila jangan hanya dipahami saja, tetapi harus bisa diamalkan dalam kehidupan kita," imbau Dosen UI itu.

Dikatakan Miranda, ada lima sila yang yang harus direalisasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, artinya kita harus saling menghormati dan menghargai antar sesama pemeluk agama. Sila Kedua Kemanusiaan yang adil dan beradab, kita harus memperlakukan orang dengan adil dan tidak membeda-bedakan status, agama, suku, ras dan lainnya. Sila ketiga Persatuan Indonesia, para siswa diingatkan untuk selalu  menjaga persatuan dan jangan mudah dipecah belah. Selanjutnya Sila

Keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, artinya
bahwa masyarakat harus bermusyawarah dengan berkumpul atau mendiskusikan sesuatu dalam mengambil keputusan. Terakhir, sila kelima Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, artinya seluruh rakyat indonesia memiliki keadilan dan derajat yang sama baik dimata pemerintah maupun di depan hukum.


Sementara itu, Sofyan dalam materinya mengingatkan para siswa
 tentang Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Selain itu, Sofyan juga mengimbau agar siswa selektif dalam memilih teman.

"kawan  yang baik adalah selalu memberi motivasi dan semangat. Jangan sampai terjebak dalam memilih teman sehingga kita tidak terperosok ke arah negatif," pesan Sofyan.

Kepala Sekolah SMPN 13, Anis Budiyani mengucapkan terima kasih atas partisipasi tim PPWK Kesbangpol dalam memberikan materi wasbang," Ini sangat luar biasa, semoga menjadi amal ibadah buat anak bangsa," ucap Anis.(ndi)

No comments