Walikota Buka Sosialisasi Peningkatan Peran Jurnalis Berperspektif Gender


Balaikota, Depok Terkini
Dalam rangka percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam pembangunan di Kota Depok, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok mengadakan Sosialisasi Peningkatan Peran Jurnalis yang berperspektif Gender di Aula lantai 10 Gedung Dibaleka, Balaikota Depok, Selasa (06/08).

Sosialisasi yang diikuti puluhan awak media di Kota Depok dibuka oleh Walikota Depok, Mohammad Idris, menghadirkan nara sumber Fatahillah Asisten Deputy Media Partisipasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Kamsul Hasan Ketua Komisi Kompetensi PWI Pusat.

Kepala Dinas PAPMK Kota Depok, Nessy Annisa Handari menjelaskan, Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan suatu strategi untuk mencapai Kesetaraan dan Keadilan Gender (KKG) melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan progam di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Berbagai kegiatan dan inovasi dan responsif Gender yang telah dilakukan DPAPMK, kata Nessy, diantaranya pendidikan ketahanan keluarga, pengembangan Kota Layak Anak, Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, maupun kegiatan penanganan serta rehabilitasi upaya penanganan kasus pada perempuan.

"Semua kegiatan ini tidak akan terlaksana jika tidak ada sinergitas dengan teman teman media," ujar Nessy.

Dalam pembangunan perspektif Gender, lanjutnya, peran media dan jurnalis tidak bisa dipungkiri, dalam hal menghadirkan media yang berperspektif Gender dan ramah anak."Dalam mempertahankan Kota layak anak kategori Nandya, kita sudah tiga kali berturut turut meraih penghargaan dan itu semua tidak lepas dari peran media," tuturnya.

Walikota Depok, Mohammad Idris dalam kesempatan tersebut berharap, dengan Sosialisasi ini tercipta kolaborasi dan koordinasi dengan baik, khususnya dengan awak media."PUG ini merupakan program lintas dinas atau organisasi, tidak hanya satu bidang tetapi dapat terealisasi di semua bidang," terangnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar