100 Perguruan Tinggi Ikuti Seminar Asais 2019

Direktur PNJ, Abdillah foto bersama dengan para peserta Asais 2019 di Margo Hotel, Depok, Kamis (7/11/2019)

Beji, Depok Terkini
Sedikitnya lebih dari 100 Perguruan Tinggi mengikuti Seminar Annual South East Asian International Seminar (Asais) tahun 2019 yang digelar Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) di Margo Hotel, Jalan Margonda Raya, Depok, Kamis (07/11/).

Seminar Asais ke-8 bertemakan "Strengthening Human Resources And Innovasion System onvocational Education In Supporting 4.0 Industrial Revolution" dihadiri Direktur PNJ, Abdillah, dengan keynote speaker Ir. Tatang Muttaqin (Director State of Aparatur National Developmen Planing Agency), Ms.Wen Lin Chu (National University, Taiwan), Mustafa bin Andjang Achman (Tun Hussein Onn University Malaysia), Irham Dilmy, MBA (Global Leadership Center and also as Deputy chairman Commission of the Indonesian state Civil Aparatur), Saifullizan Moh Bukari, PE (Malaysia).

Menurut Ketua Panitia Asais 2019, Iis Mariam. Seminar Asais dimaksudkan sebagai forum diseminasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat melaui seminar tahunan. Seminar ini diharapkan menjadi forum untuk saling tukar menukar informasi, berdiskusi melibatkan banyak pihak mulai dari akademisi, praktisi dan pemerintah.

"Interaksi antar perspektif yang berbeda ini tentunya dapat menjadi sarana menciptakan kesinambungan dan perkembangan serta mendukung kemandirian masyarakat di era modernisasi dan revolusi industri 4.0," kata Iis disela acara pembukaan Asais 2019.

Dari hasil penelitian dan pengabdian ini, lanjut Iis, memunculkan artikel artikel yang terpublikasi, adanya produk yang bisa dipatenkan, terutama kekayaan intelektual yang bernilai secara ekonomis.

Iis berharap dengan kegiatan ini para peneliti tetap bersemangat untuk melakukan penelitian dan menghasilkan orientasi paten, publikasi serta terjalin sinergitas dengan masyarakat khususnya untuk pengabdian," harapnya.

Sementara itu, Direktur PNJ, Abdillah memberikan apresiasi kepada panita penyelenggara atas terselenggaranya kegiatan ini."Diakhir jabatan, saya sangat apresiasi kepada bu Iis yang terus menyelenggarakan Asais setiap tahunan. Saya berharap kedatangan para keynote speaker ini bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama, baik untuk riset maupun comunity servis. Hal ini pernah dilakukan PNJ dengan beberapa Poltek di Malaysia, salah satunya Poltek Malaysia melakukan pengabdian kepada masyarakat memberikan bantuan kepada masyarakat kelurahan Beji, Depok," tutupnya.

Tatang Muttaqin selaku Direktur Aparatur Negara menilai seminar Asais 2019 sangat tepat waktu karena lima tahun kedepan prioritas pembangunan nasional bertumpu pada pembangunan manusia. Salah duanya masalah pendidikan vokasi dan inovasi.

"Kegiatan ini menjadi inovasi bagi PNJ dan Poltek lainnya bagaimana melakukan pendidikan vokasi yang lebih baik dengan menawarkan inovasi-inovasi sehingga lulusan Poltek bisa cepat terserap dilapangan pekerjaan," tandasnya.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA