Dosen PNJ Berikan Penyuluhan Berkendara Yang Baik Kepada Pengemudi Ojol

Anggota Unitlantas Polsek Beji saat memberikan penyuluhan cara berkendara yang baik dan benar kepada puluhan pengemudi ojek online (Ojol) dalam kegaitan pengabdian masyarakat Dosen Politeknik Negeri Jakarta di Shelter Ojol Stasiun Depok Baru, 16 November 2019 lalu.

Beji, Depok Terkini
Para dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) jurusan Akuntasi melakukan program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan dan penyuluhan kepada puluhan pengemudi Ojek Online (Ojol) di Shelter Stasiun Depok Baru, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Depok, pada 16 November 2019 lalu.

Menurut Koordinator Pengabdian Masyarakat Jurusan Akuntansi, Cathryna Rumondang Bulan Simangunsong. Tujuan dari pengabdian ini untuk memberikan pemahaman bagi para pengemudi ojol tentang berkendara yang baik dan benar. Dari hasil wawancara dengan pengemudi Ojol, ungkap Cathryna, ternyata salah satu faktor rendahnya penghasilan mereka adalah kurangnya pemahaman tentang berkendara yang baik dan benar sesuai dengan undang undang yang berlaku. Karena itu, kita berikan penyuluhan berkendara yang baik sehingga para pengemudi ojol tidak melanggar
peraturan lalu lintas dan penumpang merasa nyaman.

"Dalam penyuluhan ini kita libatkan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Beji sebagai narasumber," kata Cathryna.

Ia menjelaskan, dalam penyuluhan tersebut para pengemudi Ojol mendapat penjelasan terkait dasar hukum berkendara yang baik dan benar, yaitu UU No 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, UU No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, peraturan pemerintah nomor 80 tahun 2012, rencana kerja Kepolisian Resort Kota Depok tahun 2019, dan rencana kerja Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Kota Depok tahun 2019.

Dalam kesempatan itu, Cathryna melanjutkan, polisi juga memaparkan terkait daerah rawan perampokan dan begal, serta apa yang harus dilakukan para pengemudi Ojol agar tidak menjadi korban perampokan dan begal.

Selain penyuluhan cara berkendara yang baik dan benar, Cathryna menambahkan, para dosen juga memberikan pelatihan mengenai pengelolaan keungan serta fasilitas peralatan pendukung Ojol, seperti kendaraan bermotor dan telepon genggam. Mereka harus memahami bahwa didalam pendapatan terdapat beban yang harus dikurangkan terlebih dahulu termasuk depresiasi sebelum mendapatkan angka laba.

" Uang hasil pendapatan setiap hari harus ditabung untuk depresiasi peralatan meskipun beban depresiasi secara teori tidak merupakan pengeluaran kas, dengan tujuan agar di akhir masa usia manfaat peralatan mereka dapat membeli peralatan baru menggantikan yang lama," tandas Cathryna.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar