Festival Perahu Naga Promosikan Destinasi Wisata Situ Depok

Walikota Depok Mohammad Idris membuka Festival Perahu Naga di Situ Jatijajar, Tapos, Depok, Minggu (08/12/2019)

Tapos, Depok Terkini
Dinas Pemuda Olahraga Seni Budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok menggelar Festival Perahu Naga Ke-5 tahun 2019 di Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok, Minggu (8/12/2019).
Kegiatan ini diikuti peserta dari Kota Depok, Tangerang, Purwakarta, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Karawang, Garut, Subang, Sukabumi" dan lainnya.

"Festival ini diikuti 39 tim dayung dengan tujuan mempromosikan destinasi wisata Situ sekaligus memasyarakatkan olahraga dayung," ujar Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto disela kegiatan.

Selain itu, kata Wijayanto, kegiatan ini juga berdampak pada pemberdayaan ekonomi terutama para pelaku UMKM di area sekitar Situ. Wijayanto juga mengaku akan mengusulkan kegiatan Festival Perahu Naga ini bisa menjadi ivent nasional."Kedepan sudah kita daftarkan kegiatan ini ke tingkat provinsi dan tingkat nasional," tuturnya.


Walikota Depok Mohammad Idris dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kota Depok komitmen untuk terus menjaga dan melestarikan keberadaan Situ yang saat ini jumlahnya sebanyak 23 Situ.

"Dari 23 Situ, hanya 10 Situ yang masih bisa ditata dengan baik, antara lain Situ Jatijajar. Kita akan usulkan anggaran penataan Situ ke pemerintah provinsi, serta mengusulkan penganggaran penataaan ke DPRD Depok. Penataan Situ akan berimplikasi dengan olahraga dayung di Kota Depok," terang Idris.

Menurutnya, jika semua Situ bisa ditata dan dikelola dengan baik, maka akan berdampak positif untuk pemberdayaan masyarakat sekitar.

"Kedepan penataan Situ diharapkan lebih baik lagi, sehingga berdampak positif pada pemberdayaan ekonomi masyarakat di sekitar Situ, dan umumnya untuk warga Depok," ucap Walikota sekaligus membuka Festival Perahu Naga tahun 2019 tersebut.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar