Kota Depok Raih Road Safety Award 2019

Walikota Depok Mohammad Idris saat menerima penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 di Shangrila Hotel, Jakarta, Selasa (17/12/2019)

Jakarta, Depok Terkini
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Anugerah ini merupakan inisiasi dari Adira Insurance dan Majalah SWA memberikan apresiasi terhadap kota/kabupaten yang menerapkan program dan tata kelola keselamatan di jalan raya.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, penghargaan ini dilakukan secara independen, dengan melibatkan sekitar 189 kota dan kabupaten se-Indonesia. Dikatakannya, setelah melewati proses penjurian, terpilih 23 kota dan kabupaten sebagai finalis IRSA 2019 dengan enam kategori.

“Alhamdulillah, kita mendapatkan penghargaan ini. Kota Depok masuk kategori kota dengan kepadatan penduduk tinggi,” kata Mohammad Idris, usai menerima penghargaan di Grand Ballroom Shangri-la Hotel Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya, penilaian dilakukan secara administratif, yaitu dengan mengisi formulir indikator dan survei lapangan oleh tim penilai. Termasuk, uji data di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) antara tim penilai dengan tim peserta.

Idris menjelaskan, dari lima pilar yang dinilai, ada tiga pilar yang menjadi keunggulan Kota Depok. Yaitu Manajemen Keselamatan, Jalan Berkeselamatan, dan Penanganan Kecelakaan.Dikatakannya, dalam pilar Manajemen Keselamatan, keunggulan Kota Depok yaitu memiliki dokumen rencana aksi keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), penanganan moda transportasi ojek online (Ojol) berbasis komunitas (community based).“Sistem pelayanan transportasi kita juga berbasis perkembangan teknologi informasi. Seperti aplikasi Sigap, 112,  halo polisi, DeCOR,” ungkapnya.

Adapun di aspek pilar jalan berkeselamatan, lanjut Idris, Kota Depok sudah mengimplementasikan Zona Selamat Sekolah (Zoss), Rute Aman Sekolah, kelengkapan marka,  dan kanalisasi kendaraan di Margonda Raya. Termasuk, menyelenggarakan Joyful Traffic Management (JoTRAM) yang dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota, sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan.

“Terakhir, pada pilar Penanganan Kecelakaan, kami melakukan pemeriksaan awak kendaraan berupa tes narkoba secara rutin, Puskesmas siaga laka lantas, dan call center 119. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, berdampak positif dalam mewujudkan visi Kota Depok, unggul, nyaman, religius,” tandasnya.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar