Koramil Cimanggis Gelar Demonstrasi Latihan Antisipasi Bencana

Demonstrasi latihan penanggulangan bencana alam yang diprakarsai Danramil 06/Cimanggis di Situ Cilangkap, Tapos, Depok, Minggu (09/02/2020)

Tapos, Depok Terkini

Dalam rangka melakukan antisipasi bencana alam yang mungkin terjadi di Kota Depok, Koramil 06/Cimanggis, Kodim 0508/Depok gelar demonstrasi latihan penanggulangan bencana di Situ Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok, Minggu (09/02/2020).

Demonstrasi penanggulangan bencana alam yang diprakarsai oleh Danramil 06/Cimanggis Mayor Kav Imam Purwanto dan Tokoh pemuda AAn Setiawan dimulai pukul 08.00 pagi diikuti sebanyak 235 peserta dari unsur Koramil 06/Cimanggis, Polsek Cimanggis, Puskesmas, PLN, Tagana, Mitra Koramil, Pramuka dan Karang Taruna.


Demonstrasi ini merupakan kelanjutan dari latihan penanggulangan bencana alam yang digelar beberapa waktu lalu."Dalam demontrasi latihan penanggulangan bencana alam ini sudah tidak perlu dikomentari, cukup diberikan isyarat atau tanda, peserta langsung bergerak sendiri. Simulasi diawali dengan melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir," ujar Imam Purwanto.

Kemuadian diikuti simulasi penyiapan Posko, dapur Umum, lokasi Pengungsian, petugas penerima bantuan, petugas kesehatan lapangan, petugas keamanan lokasi bencana, petugas Parkir d rute, petugas PLN, angkutan, petugas distribusi logistik, dan penyiapan petugas peralatan."Demonstrasi ini untuk memperlihatkan kesiapan Satgas bencana alam di khususnya di wilayah Koramil 06/Cimanggis yaitu kecamatan Cimanggis dan Tapos. Jadi, apabila terjadi bencana alam, Satgas sudah langsung bergerak," kata Imam.


Danramil berharap dengan demonstrasi latihan penanggulangan bencana alam ini dapat mengedukasi masyarakat terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana alam."Selama ini jika terjadi bencana alam masih banyak kelemahan yang dilakukan masyarakat. Setelah adanya demonstrasi latihan ini jika terjadi bencana Satgas bencana sudah siap," ucap Danramil.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar