Pemkot Depok Ajak Retail Kurangi Penggunaan Kantong Plastik

Sebagai bentuk dukungan pengurangan penggunaan kantong plastik, Deputy Branch Manager Alfamart Siswanto Ariwijaya menyerahkan 1000 kantong belanja ramah lingkungan kepada Walikota Depok Mohammad Idris pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Alun-akun Kota Depok, Jumat (21/02/2020)

Cilodong, Depok Terkini
Pemerintah Kota Depok mencanangkan Depok bebas sampah pada tahun 2025 dan pengurangan sampah plastik pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang digelar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok di Alun-alun Kota Depok, Jum'at (21/02/2020)

Walikota Depok Mohammad Idris dalam kesempatan itu mengatakan, untuk mengurangi volume sampah plastik, Pemerintah Kota Depok telah membuat surat edaran terkait pengurangan sampah plastik di seluruh retail yang ada di Kota Depok, termasuk di pasar tradisional.

"Target khusus kita pengurangan penggunaan kantong plastik, target umumnya pengurangan sampah harus benar-benar efektif. Kita mengajak seluruh retail untuk menyediakan kantong belanja ramah lingkungan," kata Idris usai menyerahkan surat edaran kepada seluruh pengelola retail di Kota Depok.

Lebih lanjut Idris mengatakan, untuk menunjang target tersebut, dibutuhkan kebersamaan dan kesadaran dari seluruh elemen masyarakat Depok."Jangan hanya kita yang sadar tetapi masyarakatnya tidak sadar untuk mengurangi penggunaan plastik," tutur Idris.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati menambahkan, diperlukan pengawasan terhadap retail-retail di Kota Depok untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik mulai 1 Maret 2020.

"Bagi masyarakat yang menemukan ada retail yang masih menggunakan kantong plastik segera laporkan ke kami. Kita berikan waktu dua minggu untuk masa sosialisasi. 1 Maret 2020 kita pastikan setiap retail sudah tidak menggunakan kantong plastik lagi," pungkas Ety.


Ditempat yang sama, Deputy Branch Manager Alfamart, Siswanto Ariwijaya mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mendukung apa yang telah dicanangkan Pemerintah Kota Depok yaitu pengurangan penggunaan kantong plastik.

"Tujuan Pemerintah Kota Depok selaras dengan tujuan kita yaitu mengurangi sampah plastik. Karena itu, kita berikan 1000 kantong belanja sebagai sosialisasi kepada konsumen untuk mulai menggunakan kantong belanja sendiri saat berbelanja, karena mulai 1 Maret 2020 tidak ada lagi kantong plastik di toko kami," tandas Siswanto.

Ia berharap apa yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok yaitu Kota Depok bebas sampah (zero west) bisa terwujud.(ndi)


Posting Komentar

0 Komentar