Walikota Imbau Warga Waspada Virus Corona dan Jangan Panik

Walikota Depok Mohammad Idris saat menggelar konferensi pers terkait penanganan virus Corona di rua g De

Balaikota, Depok Terkini
Wali Kota Depok, Mohammad Idris nengimbau warga masyarakat Kota Depok untuk tetap waspada terhadap virus apapun, khususnya virus corona.

Idris juga berpesan ke maayarakat untuk tidak panik terhadap virus Corona sebab pemerintah telah melakukan berbagai upaya.

"Kita selalu kampanyekan untuk tetap waspada virus Corona. Namun masyarakat jangan panik karena kondisi Depok aman dan terkendali," kata Idris usai Konferensi Pers Penanganan Virus Corona di Ruang DepokCity Operation Room (Décor), Balai Kota Depok, Jumat (06/02/20).

Menurut Idris, kasus Virus Corona memang perlu diwaspadai. Namun kewaspadaan ini harus sesuai dengan ketentuan dan norma yang sudah diterapkan oleh pemerintah.
Dikatakan, penanganan dan pencegahan penyebaran Virus Corona terus digencarkan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Mulai dari pembuatan flyer informasi Virus Corona, hingga sosialisasi pencegahan di banyak tempat, baik di sekolah, Puskesmas, terminal, ataupun stasiun kereta yang bekerja sama dengan PT KAI.

“Kita juga harus menerapkan Perilaku Bersih Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjaga pola makan yang baik. Tidak lupa dengan aktivitas yang terdapat dalam Gerakan masyarakat Hidup Sehat (Germas),” tuturnya.

Dia menambahkan, terkait pemberitaan yang berkembang sekarang ini masyarakat diajak untuk tidak langsung mempercayainya, terlebih informasi tersebut  bersumber dari media sosial (medsos). Sebaiknya , kata Idris dilakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada pihak yang kompeten.

“Misalnya ada info sekolahan di Depok diliburkan. Hal ini bisa dikonfirmasi langsung ke Crisis Center yang kita punya atau ke dinas terkait. Kewaspadaan kita hendaknya tidak disikapi dengan kepanikan. Terlebih sampai paranoid, sebab akan memunculkan hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Ditempat terpisah Ketua DPRD Kota Depok, TM Yusuf Syahputra mengaku prihatin dengan warga Depom yang terkena virus Corona. Karena itu, Dirinya meminta Pemerintah Kota Depok untuj terus melakukan upaya penghentian dan pengendalian serta melakukan perlindungan maksimal kepada masyarakat dengan proaktif mengambil langkah-langkah pencegahan.

"Masyarakat harus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan cuci tangan pakai sabun. Jika sesak nafas segera periksa ke dokter," imbau Syahputra.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar