Pembukaan Mall di Depok Akan Dievaluasi Sampai 2 Juli 2020


Cimanggis, Depok Terkini
Walikota Depok Mohammad Idris meninjau sejumlah mall di Kota Depok yang sudah dibuka pada hari ini, Selasa (16/06/2020). Dalam peninjauan tersebut Walikota melihat langsung konsep fisik di area mall dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19.


"Sebelum peninjauan kita sudah sosialisasikan kepada pengelola mall sepekan lalu. Semua mal sudah siap dibuka dan pelaksanaannya akan terus kita awasi," tegas Idris saat melakukan monitoring bersama Forkopimda Kota Depok di Trans Studio Mall Cibubur, Cimanggis, Depok, Selasa (16/06/20).

Idris juga meminta para pengelola mall untuk tetap melaksanakan aturan protokol kesehatan serta membatasi jumlah pengunjung sebanyak 50 persen."Secara normatif jumlah pengunjung dibatasi 50 persen. Misalkan kapasitas 2000 orang maka dibatasi menjadi 1000 pengunjung. Substansinya adalah jaga jarak, dan memenuhi aturan protokol kesehatan, ini harus diperhatikan. Nanti kita akan lakukan sidak," ujar Idris.



Idris juga memastikan akan melakukan evaluasi terhadap pembukaan mall hingga tanggal 2 Juli 2020."Dalam satu pekan ini akan kita evaluasi, selanjutnya dua pekan evaluasi lagi sampai tanggal 2 Juli 2020. Kita evaluasi dari sisi epidemonologinya. Kalau reproduksi efektif di Kota Depok lebih dari 1 selama 14 hari, maka bisa jadi semua mall kita tutup lagi. Mudah-mudahan tidak terjadi, kasihan kepada para pelaku usaha," tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Satpol PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menegaskan jika kedapatan para pengelola mall tidak mengikuti aturan protokol kesehatan, maka dapat dikenakan sanksi, yaitu sanksi administrasi berupa teguran, peringatan hingga denda administrasi.



"Ada juga unsur pidananya kalau memang memenuhi unsur pidananya. Bisa saja kita tutup paksa jika melanggar protokol kesehatan," tandas Lienda.

Dalam peninjauan ke Trans Studi Mall, Walikota bersama Dandim Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj dan Ketua DPRD Kota Depok, M Yusuf Syah Putra melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan, seperti fasilitas cuci tangan, pengukuran suhu tubuh, pengaturan jaga jarak pada eskaltor, lif, toilet serta tempat makan.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar