PSBB Berakhir, Kegiatan Keagamaan Sudah Bisa Dilaksanakan


Sukmajaya, Depok Terkini
Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok saat ini masih berada di level 3 dalam tingkatan rendah kasus positif Covid-19. Posisi level 3 dinilai Idris masih cukup berat karena masih terdapat 19 kelurahan yang kasus konfirmasi positif Covid-19 antara 6, 10 hingga 30 kasus.

"Dari sisi leveling sesuai arahan gubernur Jabar, Kota Depok masuk level 3. Kalau level 2 sudah ringan dan level 1 masuk zona hijau," kata Idris usai meninjau persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)/New Normal di Masjid Baiturahman, Jalan Tole Iskandar, Sukmajaya, Depok, Rabu (03/06).

Menurut Idris, dengan posisi level 3, dan berakhirnya pemberlakuan PSBB, maka seluruh kegiatan keagamaan, dan ekonomi sudah bisa dilakukan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Namun, kata Idris, masih terdapat 31 RW Kampung siaga yang diberlakukan Pembatasan Sosial Kampung Siaga PSKS.

" Mudah-mudahan cepat berkurang hingga Kamis besok, sehingga pemberlakuan New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah bisa dimulai pada Jumat 5 Juni 2020. Seluruh masjid sudah biasa menyelenggarakan kegiatan keagamaan dengan kebiasaan baru, kita mulai adaptasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," tutur Idris.

Ditambahkan Idris, adapun protokol di masjid dalam menyelenggarakan salat Jumat diantaranya anak dibawah usia 12 tahun tidak boleh dibawa ke masjid dan orang tua atau lansia yang memiliki riwayat penyakit generatif seperti gula tidak disarankan datang ke masjid karena sangat rentan.

"Di dalam masjid harus menjaga jarak minimal 1,5 meter. Selain itu harus diukur suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer serta masker. Diutamakan pengunjung masjid adalah warga sekitar, " terang Idris.

Ketua DKM Masjid Baiturahman, H. Komarudin mengaku pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait persiapan ibadah salat jumat besok. Bahkan, dirinya telah membuat spanduk sosialisasi untuk penyelenggaraan salat jumat.

"Bagi pengunjung masjid wajib menggunakan masker, shaf sudah diatur jaraknya. Termasuk pintu gerbang area masjid akan kita tutup karena halaman masjid akan digunakan untuk salat Jumat. Terima kasih atas pemberian masker, dan hand sanitizernya," tutup Komarudin.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar