Dosen PNJ Berikan Pembelajaran Komunikasi Secara Online Kepada Guru TK di Depok


Sawangan, Depok Terkini

Dalam situasi pandemi covid-19, pemerintah telah memutuskan model pembelajaran dari konvensional menjadi school from home (belajar dari rumah). Model pembelajaran mendapatkan tantangan untuk selalu adaptif dengan perubahan dan berdampak pada pola pengajaran dan pelayanan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan seperti di tingkat pendidikan dasar yaitu TK (Taman Kanak-Kanak).

Untuk mensukseskan program SFH tersebut, para dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan pembelajaran komunikasi berbasis online kepada puluhan guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) di wilayah Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

 Sebanyak 20 Guru dan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Al Yazid dan TK Aisyiyah Bustanul Afthal 14, Sawangan, Depok antusias mengikuti materi yang diberikan dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat para dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), di Aula TK Islam Al Yazid, Sawangan, Depok, Kamis (06/08/2020)

Titik Purwinarti, S.Sos., M.Pd selaku Ketua Jurusan Administrasi Niaga PNJ menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Pengmas) adalah bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen. Dalam kegiatan ini muncul beberapa permasalahan. Pertama, optimalisasi potensi diri dan pengembangan kepribadian guru TK dalam proses pelayanan dan pembelajaran masih harus ditingkatkan. Kedua, pemanfaatan media teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa di rumah, dan terakhir, bagaimana penyampaian materi pembelajaran yang disampaikan guru menggunakan keterampilan berkomunikasi yang mudah dimengerti dan dipahami siswa .  

Oleh karena itu, lanjut Titik, dalam pengabdian ini diharapkan adanya transfer pengetahuan dan pengalaman (transfer knowledge and experience) dalam pola  pengajaran yang dilakukan secara online, cara memilih komunikasi yang baik dalam mendukung proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar  dapat memenuhi kebutuhan dan tujuan pendidikan dasar.  

Dirinya menjelaskan, selama pelaksanaan Pengmas tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, pengecekan suhu tubuh, cuci tangan dan memakai masker."Peserta dan dosen wajib menerapkan protokol kesehatan covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Dr.Iis Mariam, M.Si selaku ketua tim pelaksana Pengmas berbasis kelompok bidang keahlian dosen berharap kegiatan bertemakan “Membangun kreativitas pembelajaran berbasis online melalui communication skill dalam masa pandemi covid-19 oleh Guru TK  di kota Depok” dapat memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan mengajar dari rumah kepada siswa sehingga pembelajaran tetap aman, menarik dan menyenangkan.

" Begitu juga dengan media pembelajaran online yang harus dikuasai oleh para guru TK dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa," harapnya. 

Ditempat yang sama, Ai Miswati, S,Pd. AUD selaku Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Kota Depok mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari dosen PNJ ini dapat memberikan tambahan pengetahuan dan berbagi pengalaman dalam proses pembelajaran selama masa covid-19 berlangsung.


"Materi yang diberikan sangat bermanfaat dan bisa direalisasikan kepada siswa," tandasnya.

Turut memberikan materi dalam kegiatan tersebut, Dr.Iis Mariam, M.Si dan Endah Wartiningsih, SE., MM (Etika dan Komunikasi dalam Pembelajaran, M.Zaenal Abidin Eko Putro, M.Si dan Titik Purwinarti, S.Sos., M.Pd  (Komunikasi Organisasi di Sekolah), serta Azhari Alamsyah, S.Kom dan Dr. Nining Latianingsih, SH., MH (Pembelajaran melalui Media Online.

Acara yang melibatkan mahasiswa program studi D4 Administrasi Bisnis Terapan-PNJ ditutup dengan pemberian sertifikat dan penyerahan bantuan peralatan pembelajaran kepada Kepsek 5K Islam Al Yaziid, Eka Sulhaini, SE, dan Kepsek TK Aisyiah Bustanul Afthal 14. Nur Aini S.Pd. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar