Kadis PUPR Imbau Warga Waspadai Banjir dan Longsor

Cimanggis, Depok Terkini 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Dadan Rustandi mengimbau masyarakat Depok mewaspadai potensi banjir dan tanah longsor di musim penghujan. Sekecil apapun potensi yang ada, warga diminta segera melapor, guna meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

“Kami meminta masyarakat untuk melapor jika ada potensi longsor atau pun banjir di wilayah masing-masing. Laporan bisa ditujukan ke Kantor Dinas PUPR yang berada di Jalan Raya Bogor KM 34,5, maupun via twitter di @DinasPUPR. Nanti tim kami yang akan mengecek dan menindaklanjuti,” ujar Dadan di Balai Kota, Rabu (04/11/20).

Menurutnya, imbauan ini merupakan langkah antisipasi agar bencana longsor atau banjir bisa langsung ditangani, sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian. Dia  juga meminta masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan.

“Sampah penyumbang terbesar terjadinya penyumbatan kali yang sengaja dibuang di saluran air. Karena itu perlu kita dorong agar masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan,” ucapnya.

Dadan juga mengimbau masyarakat agar tidak membuat bangunan di sekitar Garis Sempadan Sungai (GSS). Karena, imbuhnya, bisa berdampak pada ambrolnya turap yang telah dibangun Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Kami jaga turap yang sudah terbangun, baik dari sisi pemeliharaan maupun dari sisi peremajaan. Untuk itu, warga jangan mendirikan bangunan di jalur GSS. Selain merugikan kami, jika terjadi longsor, warga di lokasi ini tidak akan dapat ganti rugi karena bangunan sudah menyalahi aturan,” tandasnya. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar