PNJ Berikan Strategi Marketing Kepada Petani Lele di Gunung Sindur


Bogor, Depok Terkini

Para dosen Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan strategi marketing digital pasca panen kepada petani ikan lele di Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Selasa (10/11/20)

Pelatihan yang digelar di pendopo Kantor Desa Curug secara online dan offline dihadiri langsung Kepala Desa Curug, Edi Mulyadi, Kepala Dusun Samsudin, para petani lele, kader PKK, Karang Taruna dan para petani ikan lele.

Menurut Nining Lastianingsih selaku perwakilan UP2M PNJ. Pelatihan ini merupakan program penerapan teknologi tepat guna kepada masyarakat kerjasama antara Kemenristek dan PNJ."Alhamdulillah PNJ dipercaya mendapatkan amanah dari Kemenristek melakukan empat program salah satunya strategi marketing 4.0 pasca panen ikan lele di desa Curug, Gunung Sindur," kata Nining.

Dikatakan, dipilihnya wilayah Gunung Sindur sebagai lokasi pengabdian masyarakat karena berdasarkan data dinas Perikanan Kabupaten Bogor menyebutkan bahwa Gunung Sindur dikenal sebagai Kota ikan."Berdasarkan data itulah kita lakukan pengembangan dengan memberikan pelatihan strategi marketing kepada warga dan petani lele," ujar Nining.

Direktur PNJ, Zaenal Nur Arifin dalam sambutannya menjelaskan saat ini dirinya sangat suka sekali mengkonsumsi ikan lele. Padahal, kata Zaenal, sejak masih bujangan ia tidak suka dengan ikan lele karena konotasinya ikan lele hidup ditempat yang tidak bersih.

"Namun dari hasil penelitian ternyata ikan lele banyak mengandung vitamin bahkan diekspor ke luar negeri. Karena itu, tim PNJ  sangat cocok dalam kegiatan ini dalam upaya membantu meningkatkan produksi ikan lele maupun marketing secara digital," ungkap Zaenal.

Dikatakan Zaenal, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu penerapan Tri Dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu perhatian kepada masyarakat dari PNJ yang didanai dari Kemenristek. Semoga pelatihan ini dapat bermanfaat, khususnya peningkatan produksi dan pemasaran ikan lele masyarakat Desa Curug, Kecamatan Gunung Sindur," harap Direktur.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut meliputi, pembentukan koperasi petani ikan lele, pembuatan laporan keuangan, strategi marketing secara digital, pembuatan pakan lele serta pengemasan produk. Acara ditutup dengan penyerahan secara simbolis perlengkapan kebutuhan petani oleh Nining Latianingsih kepada Kepala Dusun Curug dan petani ikan lele. (wan)


 

Posting Komentar

0 Komentar