BKD Optimis Target PAD 2020 Bisa Tercapai

Balaikota, Depok Terkini

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok Nina Suzana optimistis raihan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok tahun 2020 bisa mencapai target. Pasalnya, hingga awal Desember ini pajak daerah yang sudah terkumpul sebesar Rp 899 miliar dari target PAD yang telah ditetapkan yaitu Rp 1,1 triliun.

“Target PAD kami Rp 1,1 triliun setelah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P). Namun, untuk pajak daerah sampai dengan hari ini mencapai Rp 899 miliar atau 96,3 persen. Nilai ini memang turun, karena situasi pandemi Covid-19,” ujar Nina, di ruang kerjanya, Jumat (04/12/20).

Dikatakannya, penyumbang terbesar terhadap pajak daerah adalah dari Pajak Bumi Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Setelah itu pajak restoran dan disusul pajak reklame.

“Untuk PBB saja per 04 Desember, angkanya mencapai Rp 260 miliar. Perolehan ini sudah melampaui target yang kami tetapkan yaitu Rp 193 miliar. Belum dari sumber pendapatan lainnya,” ungkapnya.

Kendati demikian, Nina menyebut sumber pendapatan yang paling anjlok adalah dari hiburan. Mengingat, saat pandemi ini tidak ada tempat hiburan yang beroperasi seperti karaoke dan bioskop.

“Tetapi bisa kita tutupi dengan pajak air tanah dan sumber pendapatan lainnya. Mudah-mudahan hingga akhir Desember, PAD bisa maksimal, sesuai target yang ditetapkan,” tutupnya. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar