Lima Kelurahan Deklarasi ODF

Balaikota, Depok Terkini

Sebanyak lima kelurahan di Kota Depok melakukan deklarasi bebas buang air sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) di Balaikota Depok, Selasa (29/12/20).

lima kelurahan tersebut adalah 

Kukusan, Tanah Baru, Kedaung, Cisalak, dan Pangkalan Jati. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, saat ini capaian ODF  sebesar 27 persen. Pihaknya bersama Perangkat Daerah (PD) terkait akan berupaya mengejar target yang telah ditentukan yaitu 48 persen di 2021.

"Tahun ini, Alhamdulillah kami target selesaikan lima kelurahan ODF sehingga totalnya ada 17 kelurahan. Tahun depan  16 kelurahan lagi," katanya.

Namun demikian, imbuhnya, baru Kelurahan Kukusan yang seluruh rumah warganya sudah terakses septictank.

"Empat kelurahan lainnya akan berkomitmen menyelesaikan rumah yang belum ODF pada tahun 2021 dibantu Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim), sehingga akan diberikan sertifikat kelurahan ODF dengan catatan," jelasnya.

Novarita menuturkan, terdapat beberapa kendala dalam mewujudkan kelurahan ODF. Salah satunya sinergisitas lintas sektor yang belum maksimal.

"Kemudian, belum adanya data yang akurat dan update terkait jumlah Kepala Keluarga (KK) yang belum terakses septictank, lalu belum ada pelaksanaan monev yang berkelanjutan dan komprehensif," pungkasnya.

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, ODF ini merupakan program strategis guna menciptakan masyarakat yang berbudaya."Kalau orang Kota BAB nya masih sembarangan namanya belum berbudaya. Kita harus kejar target tahun 2021, bukan hanya 48 persen tapi harus bisa diatas 60 persen. Mudah-mudahan bisa tercapai harap Idris. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar