Pelatihan Bela Negara Kemenhan, Kesbangpol Utus Lima Perwakilan

Balaikota, Depok Terkini

Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depo belum lama ini mengirimkan lima perwakilan untuk mengikuti Pelatihan Bela Negara di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia.

"Kami kirimkan lima perwakilan ke pelatihan tersebut agar meningkatkan pemahaman dan penghayatan seluruh elemen masyarakat terhadap Pancasila," kata Kepala Seksi Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol, Diah Haerani, Selasa (02/03)21).

Menurutnya, Pancasila menjadi ideologi negara, pandangan hidup serta falsafah bangsa Indonesia. Karena itu, pihaknya ingin masyarakat dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalam kehidupannya.

Dikatakan, pelatihan ini juga berguna dalam meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menangkal kelompok-kelompok yang ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi negara dengan paham radikal. Selain itu, meningkatkan pemahaman tentang kualitas pada dimensi realita, dimensi idealisme dan dimensi fleksibelitas.

"Dimensi realita ialah nilai-nilai dasar yang ada pada ideologi itu. Yang mencerminkan realita atau kenyataan hidup dalam masyarakat," katanya.

Diah berharap, ke depan Kota Depok memiliki kader-kader bela negara memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjaga nilai-nilai amanat rakyat. Dengan demikian, bisa menjadi mitra dalam meningkatkan pemahaman ideologi dan wawasan kebangsaan.

"Semoga lima perwakilan Kota Depok dapat meningkatkan rasa kebangsaan, pemahaman kebangsaan dan semangat kebangsaan atau nasionalisme kepada masyarakat lain. Tentu untuk menjaga kesatuan NKRI," tutupnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar