Ratusan Siswa Ikuti Webinar Pelatihan Jurnalistik Debar

 

Limo, Depok Terkini

Merayakan HUT Ke-3, media lokal Depok Pembaruan (Debar) menggelar webinar pelatihan jurnalistik bagi pelajar SMA se-Kota Depok di SMK Broadcast GHAMA Caraka Depok, Jalan Grogol Raya No.3 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok, Sabtu (6/03/21)

Pelatihan secara virtual bertemakan "Digitalisasi Media Sebuah Pilihan Menghadapi Tantangan Zaman" diikuti ratusan siswa dengan nara sumber Kesit B Handoyo dari PWI Jaya dan Windarto Wakil Sekertaris PWI Kota Depok.

Pimpinan Redaksi (Pimred)  Debar, Adie Rakasiwi mengatakan, kegiatan Webinar Pelatihan Jurnalistik ini bagian dari rangkaian acara HUT Debar ke-3. Puncak acaranya di gelar pada 11 Maret 2021 mendatang di RM. Gabus Pucung dengan rangkaian acara syukuran, santunan anak yatim dan pemberian sertifikat penulisan terbaik bagi peserta Webinar Pelatihan Jurnalistik. 

"Saya berharap Debar semakin maju dan terus bisa mengedukasi masyarakat. Terutama dalam memberikan informasi bagi masyarakat," harapnya. 

Sementara Pimpinan Umum Debar, H. Acep Azhari dalam sambutannya secara virtual mengatakan, tema pelatihan jurnalistik tentang Digitalisasi Media Sebuah Pilihan Menghadapi Tantangan Zaman" sangat penting bagi pemilik usaha media."Tema yang diusung untuk kegiatan ini mewakili keadaan media saat ini dan penting bagi kita yang bergerak dibidang media. Karena media sendiri merupakan bagian dari sebuah bisnis," kata H. Acep Azhari. 

Kesit B Handoyo dalam paparannya mengatakan digitalisasi dan munculnya medsos menjadikan media massa berguguran apalagi di masa Pandemi Covid-19. Informasi selama ini bersumber dari media massa juga telah digeser dengan adanya medsos yang langsung dikelola masyarakat. "Kondisi media saat ini dilematis, maraknya medsos. Memang informasi itu tidak melulu hanya dimiliki oleh media pers, tapi juga oleh media sosial yang bisa langsung di posting oleh masyarakat," ujar Kesit.

Menurutnya, media pers harus tetap tidak boleh mati. Pasalnya, biar bagaimanapun tidak bisa disamakan dengan media sosial di tengah pandemi ini. Ia menambahkan, sebagaimana diketahui  bahwa banyak yang pada akhirnya media gulung tikar. Namun, lanjutnya,  bagaimana kemudian mensiasati agar media itu bisa tetap berjalan. 

"Saya pikir yang paling penting adalah bagaimana media ini memberikan informasi objektif dan berimbang. Teman wartawan juga  tetap menjunjung tinggi dan memegang teguh kode etik jurnalistik. Sehingga, lambat laun kepercayaan masyarakat tumbuh. Tentunya, eksistensi media akan tetap menjadi sumber berita dan informasi bagi masyarakat," paparnya.

Wakil Sekretaris PWI Kota Depok, Windarto dalam kesempatan itu menekankan bahwa seorang penulis berita harus memahami 5W+1H (apa, siapa, kapan, dimana, dan bagaimana). 

"Hal ini merupakan rumus baku dalam menulis sebuah berita. Berita yang dibuat dalam bentuk piramida terbalik harus ekonomis dan lugas," pungkasnya.. 

Dalam webinar tersebut juga diadakan give away atau door price bagi peserta. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar