Sri Utomo Buka Loka Karya Business Plain PDAM Depok

 

Balaikota, Depok Terkini

PDAM Tirta Asasta menggelar Lokakarya Business Plan  2021-2025 di Aula Teratai Balaikota Depok, Selasa (23/03/21).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pjs. Sekretaris Daerah Kota Depok,  Drs. Sri Utomo, M.Si, dihadiri anggota DPRD Depok, Hermanto, perwakilan OPD dan jajaran Direksi PDAM Tirta Asasta.

Sri Utomo membacakan sambutan Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam rencana-rencana yang telah ditetapkan atau rencana yang diharapkan. Manfaat dan fungsi Business Plan, antara lain sebuah bagian terpenting memperlihatkan keadaan saat ini, dan masa depan.

Hal tersebut sebagai daya tarik untuk mengawali sebuah bisnis, merancang strategi, dan rencana awal bisnis, mencari sumber dana guna menarik atau mendatangkan pihak ketiga seperti investor, jasa perbankan atau lainnya yang akan membantu bisnis yang dijalankan.

"Artinya, rencana bisnis, dapat menjadi semacam proposal yang akan membantu mendapatkan modal usaha. Kemudian membuat bisnis lebih fokus dan terarah dalam menentukan jenis bisnis, modal, strategi bisnis serta jenis pemasaran yang akan digunakan," kata Sri Utomo.

Dikatakan, Business Plan, juga dapat digunakan untuk memprediksi masa depan bisnis yang akan dijalankan. Sebab, saat menyusun rencana bisnis, maka akan terlihat gambaran kedepan perusahaan yang akan dijalankan.

"PDAM sendiri memerlukan pembiayaan yang cukup besar mengingat cakupan layanan PDAM baru 15 persen sementara SDGs pada tahun 2030 menargetkan akses air minum 100 persen menjadi salah satu alasan penyelenggaraan kegiatan ini," tuturnya

Nantinya, lanjut pria yang akrab disapa Tomo, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk meningkatkan aspek-aspek pelayanan PDAM Depok dalam penguatan dan pengembangan fasilitas produksi dan jaringan distribusi, penguatan sistem operasional, peningkatan kapasitas dan sistem pengelolaan Sumber Daya Manusia, penguatan kegiatan pemasaran, sosialisasi dan edukasi terkait isu lingkungan, kesehatan, dan lainnya yang terkait PDAM, kolaborasi Pentahelix antara PDAM, akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media serta pengembangan bidang usaha baru.

" Total Target Sambungan Langganan selama 5 tahun dari 2021-2025 sebesar 35.000 SL, melakukan konsolidasi dan pembahasan untuk mempertajam rencana-rencana yang akan ditetapkan selama 5 tahun kedepan menjadi prioritas PDAM," pungkasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar