Bantu Kembangkan Usaha Rumahan, Dosen PNJ Berikan Pelatihan Kewirausahaan

 

Cilodong, Depok Terkini

Dalam upaya membantu meningkatkan usaha rumahan warga di tengah kondisi pandemi Covid-19. Dosen dan mahasiswa program studi D3 Keuangan dan Perbankan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)  melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan kewirausahaan melalui optimasi marketplace dan pengemasan produk bagi warga pelaku usaha rumahan di wilayah RW 02, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (1/09/21).

Pelatihan diikuti sebanyak 20 pelaku usaha dan tak luput  penerapan protokol kesehatan yang ketat .

Menurut Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat program studi D3 Keuangan dan Perbankan, Novitasari. Tujuan dari pelatihan ini agar para pelaku usaha rumahan  bisa bertahan dan mengembangkan usaha di masa pandemi ini, melalui pengembangan kewirausahaan, optimasi markeplace dan pengemasan produk.

"Pelatihan ini merupakan kali kedua, setelah pada tahun 2019 kami memberikan pelatihan membuat susu kacang kedelai dan kue brownis kepada warga disini," kata Novitasari disela kegiatan pelatihan di kediaman Ketua RT 05/02, Kalimulya, Depok.

Dia berharap, dengan pelatihan ini, bagi warga yang sudah memiliki usaha rumahan dapat terus memasarkan produknya meskipun dalam kondisi pandemi.

"Pemasarannya mungkin terkendala pemberlakuan PPKM dan PSBB. Dalam kondisi seperti ini mereka bisa memanfaatkan bisnis digital melalui marketplace atau media sosial. Kita latih mereka untuk bisa memasarkan atau membuat toko di shopee dan mengemas produknya dengan baik, berkualitas dan menarik. " tuturnya.

Selain itu, lanjut Novi, mereka juga dilatih membuat naskah iklan untuk penjualan produk."Jadi mereka menjual produk dengan kata-kata yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk membeli," ucapnya.

Ketua RT 05/02, Kelurahan Kalimulya, Muhammad Arpan menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang diberikan dosen program studi D3 keuangan dan perbankan PNJ kepada warga RW.02 dalam program pengabdian kepada masyarakat.

"Terima kasih PNJ,  pelatihan ini sudah kedua kalinya dan mudah mudahan warga mendapat ilmu yang bermanfaat dari para dosen dan mahasiswa PNJ. Semoga materi yang diberikan dapat diterapkan dan bermanfaat buat warga," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua program studi D3 Keuangan dan Perbankan, Heri Abrianto menambahkan program pengabdian kepada masyarakat merupakan salah unsur tri dharma perguruan tinggi.

"Sebagai dosen selain mengajar wajib melakukan penelitian. Program ini wajib dijalankan oleh dosen setiap tahun.Kali ini kita menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di RW.02, Kelurahan Kalimulya merupakan kelanjutan dari tahun sebelumnya." ujar Heri.

Selain pelatihan, lanjutnya, para dosen juga memberikan bantuan paket sembako kepada warga dan perlengkapan kesehatan serta alat press kemasan.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar