Bantu Pasarkan Produk UKM, PNJ Berikan Pelatihan Pemasaran Online

Sawangan, Depokterkini.com

Digitalisasi di masa pandemi menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pelaku UMKM, terlebih dalam memasarkan produknya. 

Karena itu, para dosen jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan praktik pemasaran online bagi siswa SMK Bina Mulia dan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikemas dalam program Pengabdian Masyarakat PNJ di SMK Bina Mulia, Sawangan, Kota Depok, Selasa (07/09/21).

Kegiatan berlangsung secara offline diikuti 10 siswa dan 10 pelaku UKM kelurahan Pasir Putih dengan penerapan protokol kesehatan covid-19 secara ketat. 

Fatimah selaku Ketua Pengabdian masyarakat mengatakan, dipilihnya program pemasaran online karena pandemi covid 19 mengharuskan UKM mengubah pemasaran secara langsung menjadi pemasaran secara online.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi UKM untuk memasarkan produknya secara online." kata Fatimah didanpingi dosen lainnya Petrus H. Kuncoro Seno dan Elisabeth Metekohy.

Menurutnya, kelompok UKM kelurahan Pasir Putih memiliki keinginan yang kuat untuk mengembangkan bisnis UKM dengan menggunakan strategi pemasaran secara online karena pemasaran online tidak dibatasi oleh tempat dan waktu.

Lebih lanjut Fatimah mengatakan,  UKM Pasir Putih sebagian besar bergerak dalam bidang kuliner seperti jus belimbing, dodol belimbing, kue-kue kering, nasi tumpeng dan lainnya. 

"Mereka memilih  memasarkan produknya melalui website khusus pelaku UKM di Pasir Putih. Mereka akan menawarkan produknya secara online agar bisa dibeli masyarakat luas," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kecamatan Sawangan,  Rofiatin Hasan, mengatakan kelompok UKM Pasir Putih memiliki keinginan besar  ke depannya dapat membuat website khusus UKM Pasir Putih yang menampung pemasaran seluruh UKM Pasir Putih.

" Keinginan ini ditunjang juga oleh SMK Bina Mulia Pasir Putih Sawangan Depok yang memiliki Jurusan Pemasaran Daring," ujarnya.

Kepala Sekolah SMK Bina Mulia,  Adnan Khosogi Spd, MM menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat dari dosen PNJ ini. Selain untuk meningkatkan kemampuan siswa didiknyaa juga bisa membantu mengembangkan bisnis UKM keluarga.

"Saya berharap kerja sama antara Politeknik Negeri Jakarta, Kelompok UKM Pasir Putih dan SMK Bina Mulia dapat menciptakan kemajuan perekonomian di kawasan Pasir Putih Sawangan Depok," harap Adnan.

Sebelumnya, pada 27 Agustus 2021 lalu, para dosen jurusan akuntansi PNJ juga telah melakukan program pengabdian masyarakat dengan materi pelatihan Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Produk UKM kepada 24 pelaku UKM Pasir Putih dan 26 siswa SMK Bina Mulia.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar