Sekolah Pra Nikah Berkontribusi Turunkan Angka Perceraian

Balaikota, Depokterkini

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan kehadiran Sekolah Pra Nikah sangat besar kontribusinya dalam pembangunan di Kota Depok. Salah satunnya dapat menurunkan angka perceraian dari tahun ke tahun.

“Pada kurun waktu 2019 terjadi 3.600 perceraian, lalu turun pada 2020 menjadi 3.200. Artinya, ada penurunan 400 perceraian dalam satu tahun, dan ini sangat baik," ujar Idris saat membuka Sekolah Pra Nikah di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Kamis (23/08/21)

Menurut Idris, terdapat lima kunci sukses dalam mempersiapkan pernikahan.Pertama, pemahaman tentang artinya pernikahan. Kedua, niat dan motivasi. Ketiga, tekad atau keinginan kuat. Keempat, perencanaan ketika menjalin rumah tangga harus seperti apa, ada tujuan yang akan dicapai.:Terakhir, merealisasikan semuanya dalam rumah tangga," katanya.

Idris menjelaskan, kunci asmara dalam konteks pra nikah biasa disebut juga penta asmara. Artinya laki-laki dan perempuan sebelum menikah harus mengerti beberapa hal dalam penta asmara.

Dalam menjalani rumah tangga, sambung Idris, membutuhkan tiga poin penting. Yaitu perjuangan untuk mencapai visi misi yang telah ditetapkan berdua. Kemudian, pengorbanan dari segi waktu, keuangan, hingga perasaan, serta keteguhan hati untuk tetap menjalankan amanah dalam rumah tangga.

"Kunci asmara dalam konteks pra pernikahan ini sangat bernilai strategis, sebagai salah satu solusi yang harus dipraktekkan dalam rumah tangga," tuturnya. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar