PNJ Berikan Pelatihan Produk Teknologi Kepada Kelompok Tani Cilember

Bogor, Depokterkini.com

Dalam upaya meningkatkan  potensi usaha Kelompok Tani saat  pandemi Covid-19. Tim Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) memberikan pelatihan Diseminasi Produk Teknologi kepada kelompok Tani di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Senin (04/10/21).

Menurut Ketua Tim, Dr. Nining Latianingsih, SH.MH. Pelatihan dan sosialisasi dilaksanakan secara offline dengan materi pengenalan penggunaan mesin pengolahan sampah organic untuk pertanian dan

pelatihan mengenai cuka asap sebagai pestisida organik dengan narasumber Ir. Yus Munif dan Ir. Imam Hariadi MM MBA.

Sementara itu, Robby PrayudaM Si perwakilan BRIN mengatakan produk Teknologi yang didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) merupakan skema pemberdayaan masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh BRIN.

Menurutnya, ada dua manfaat yang dicapai dari kegiatan ini yaitu pendayagunaan produk teknologi hasil litbang dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Selain itu, lanjutnya, melalui PTDM diharapkan masyarakat terpacu untuk meningkatkan budaya IPTEK serta berperan dalam aktivitas sosial ekonomi menuju Indonesia yang sejahtera. "Kegiatan ini merupakan realisasi usulan dari Tim Pengabdi dari PNJ yang telah melakukan observasi dan pengamatan di desa Cilember Kecamatan Cisarua kabupaten Bogor," kata Robbu saat penutupan kegiatan Pengmas PNJ di Desa Cilember, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Senin (12/10/21)

Lebih lanjut Robby mengatakan, sejumlah petani di wilayah Kabupaten Bogor masih menghadapi masalah dalam pengembangan dan pemasaran apalagi dalam masa pandemi saat ini. Oleh karena itu, imbuhnya, penerapan peralatan atau modernisasi dibidang pertanian perlu digerakan sehingga dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan permasalah perekonimian masyarakat.

"Terima kasih kepada PNJ yang sudah merealisasikan kegiatan PTDM ini dilingkungan kelompok usha tani. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat serta dapat mendukung aktivitas ekonomi dalam upaya memasarkan produk potensi usaha masyarakat," pungkasnya.

Hadir dalam acara penutupan tersebut, Kepala Desa  Cilember Suhendi Hanovier; Ketua Asosiasi Desa Wisata Kabupaten Bogor, Deni Amrulloh, Mitra Program Diseminasi, dan Abas Helmy Ketua Desa Wisata Cilember serta anggota Tim Diseminasi, Dr. Dra. Iis Mariam, MSi dan Nunung Martina, ST, MT. 

Hadir juga secara online Wadir 1 Nunung Martina ST MT mewakili Direktur PNJ, Dr. Sc. Zainal Arifin, dan Sekertaris Up2M PNJ, Darna SE MM.

Acara penutupan diwarnai dengan penyerahan barang  melalui Zoom Meeting dan Offline dengan mematuhi Protokol Kesahatan.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar