Walikota Lantik Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta

 

Balaikota, Depokterkini

Wali Kota Depok, Mohammad Idris melantik H Supian Suri (SS) sebagai Dewan Pengawas (Dewas) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok.

Dilantiknya Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok itu tak lain sebagai perwakilan dari unsur pemerintahan untuk melakukan pengawasan di internal perusahaan milik pemerintah daerah.

Dalam sambutannya Idris mengatakan, keberadaan Dewan Pengawas merupakan unsur penting di dalam kepengurusan perusahaan daerah, karena sangat menentukan keberhasilan perusahaan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan.

"Saya mengucapkan selamat kepada Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta Kota Depok yang baru saja dilantik dan disumpah. Saya berharap Dewan Pengawas tidak hanya melakukan pengawasan semata, lebih dari itu diharapkan mampu melakukan kajian yang mendalam terhadap potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh PDAM Kota Depok,” ujarnya, Selasa (5/10).

Karena, sambungnya, PDAM sebagai BUMD mempunyai peranan penting dan strategis, sehingga dalam pengelolaannya dibutuhkan inovasi dan kreativitas dengan mendayagunakan potensi sumber daya yang ada.

Dikatakannya, PDAM merupakan salah satu badan usaha milik Pemerintah Kota Depok yang bergerak dalam penyediaan dan distribusi air bersih bagi masyarakat umum. Perusahaan air bersih ini tentunya harus dilakukan pengawasan agar dapat lebih optimal dalam melayani masyarakat.

“Untuk itu, perlu dibentuk Dewan Pengawas bagi PDAM yang tugas utamanya adalah melaksanakan pengawasan terhadap pengurusan dan pengelolaan PDAM oleh direksi beserta jajarannya, agar rencana bisnis yang telah ditetapkan dapat tercapai,” paparnya.

Lebih lanjut Idris mengatakan, Dewan Pengawas dari unsur pemerintah daerah yang dilantik kemarin adalah untuk mengisi kekosongan Dewan Pengawas dari unsur pemerintah.

“Pelantikan Dewan Pengawas PDAM Tirta Asasta Kota Depok dari unsur pemerintah daerah yang dilakukan merupakan hasil seleksi dari empat orang peserta yang melalui tahapan-tahapan seleksi administrasi, test uji kelayakan dan kepatutan (ukk) serta wawancara akhir,” jelasnya.

Semua tahapan tersebut, kata Idris, dilakukan oleh tim panitia seleksi yang diketuai oleh Dr. Bambang Heru Susanto, ST,MT, dimana hal itu dilaksanakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 37 Tahun 2018 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah.

“Perlu diketahui bersama, keberadaan Dewan Pengawas sangat terasa manfaatnya, terlebih lagi

dalam mendorong PDAM Tirta Asasta untuk mencapai prestasi yang membanggakan,” tuturnya.

Usai dilantik, Supian menyampaikan rasa terimakasihnya atas amanah yang diberikan kepada dirinya.

“Mohon doanya agar saya bisa maksimal menjalankan amanah ini dan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan PDAM Kota Depok. Sehingga, masyarakat Kota Depok dapat terlayani air bersih dari PDAM Tirta Asasta,” ungkapnya.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirta Asasta Kota Depok, M Olik Abdul Holik berharap, dengan adanya dewan pengawas yang baru, PDAM bisa memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat.

“Juga kepada lingkungan hidup. Yang terpenting semakin bisa bersinergi dengan stakeholder,” harapnya.

PDAM Tirta Asasta Kota Depok pada tahun 2018 telah meraih penghargaan dari Kementrian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai PDAM terbaik untuk kategori sambungan rumah 50.001 s/d 100.000.

Dikatakan Idris, sebanyak 17 daerah yang dinilai berprestasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan infrastruktur bidang PUPR.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada mitra kerja yakni lembaga pengembangan jasa konstruksi Provinsi, PDAM, dan komunitas peduli sungai. Penilaian PDAM terbaik ini diberikan setiap dua tahun sekali, dengan penilaian berdasarkan kinerja terbaik dari PDAM seluruh Indonesia. Penilaian kinerja tersebut berdasarkan pedoman penilaian kinerja PDAM menurut penilaian BPPSPAM (Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum).

Selanjutnya, prestasi lainnya yang telah diraih adalah PDAM Kota Depok mendapatkan penghargaan sebagai mitra terbaik di malam penghargaan wartawan terbaik dmc awards 2018, pada 8 Januari 2019. Hal tersebut, berkat terjalinnya kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik dari PDAM Tirta Asasta dalam memberikan informasi kepada media sehingga dapat menyampaikan informasi pelayanan air bersih dari PDAM kepada masyarakat.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar