PNJ Berikan Pelatihan dan Bantuan Teknis Peternak Ikan di Kecamatan Kemang

 

Bogor, Depokterkini.com

Politeknik Negeri Jakarta melalui kelompok Dosen lintas multi disiplin bekerjasama dengan UMKM Pospera Kabupaten Bogor memberikan Pelatihan dan bantuan Teknis untuk peningkatan mutu kepada peternak ikan di wilayah Kelurahan Tegal Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Kegiatan Produk Teknologi yang Didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) tersebut  didanai oleh Kementerian Riset Dan Teknologi/Badan Riset Inonvasi Nasional (BRIN) tahun 2021.

Menurut Ketua Tim Dosen lintas multi disiplin PNJ, Dr. A. Tossin Alamsyah, latar belakang kegiatan ini diantaranya akibat dampak pandemi Covid-19 terhadap kondisi ekonomi masyarakat, khususnya bagi para peternak Ikan Hias dan ikan konsumsi yang tergabung pada UMKM Pospera.

"Ada sekitar 45 Peternak ikan hias/konsumsi  yang tergabung pada UMKM Prospera," kata Tossin Alamsyah didampingi dosen lainnya Dr. Ida Nurhayati dan Dr. Anis Rosyidah.

Menurut Tossin, budidaya ikan hias bisa menjadi andalan ekonomi sektor kelautan dan perikanan karena berpotensi meningkatkan pendapatan warga masa pandemi.

Selain itu, dibutuhkan juga ruang display untuk para Peternak ikan sebagai sarana pemasaran dan tukar menukar Informasi serta diskusi.

"Kami berikan bantuan fasilitas berupa Gerai/Show Room Ikan hias serta bimbingan teknologi pemasaran digital dan kemajuan teknologi Otomatisasi serta Internet of Thing (IOT). Pemasaran online adalah keniscayaan saat ini. Kami mendukung terwujudnya Desa Digital atau desa wisata yang di programkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Desa," pungkas Tossin.

Kegiatan pelatihan ini berlangsung sejak bulan Juli dan berakhir pada Nopember 2021. (wan)

Posting Komentar

0 Komentar