Pemkot Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana. Walikota Minta Stakehoulder Kuasai Tiga Aspek

 

Balaikota, Depokterkini.com

Pemerintah Kota Depok menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam, di lapangan Balaikota Depok, Senin  (15/11/21

Apel kesiapsiagaan tersebut dalam rangka kesiapan memasuki pargantian musim kemarau ke musim hujan, sehingga mulai bersiap-siap mengantasipasi berbagai kemungkinan bencana alam yang akan terjadi. 

Dalam kesempatan tersebut Mohammad Idris meminta stakeholder terkait untuk menguasai tiga aspek kebencanaan dalam melakukan penanggulangan bencana. 

Ketiga aspek tersebut adalah pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan.

"Semua elemen dari tanggap penanggulangan bencana harus menguasai paling tidak tiga aspek kebencanaan," kata Idris.

Dikatakannya, aspek yang pertama, pencegahan bencana. Ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai upaya untuk menghilangkan atau mengurangi ancaman bencana. 

"Aspek kedua, mitigasi bencana, dimana serangkaian upaya dilakukan untuk mengurangi risiko bencana melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana," katanya.

Kemudian, lanjut Idris, aspek ketiga, kesiapsiagaan bencana. Serangkaian kegiatan yang dilakukan melalui pengorganisasian melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

"Adapun aktor atau pelaku penanggulangan bencana adalah mereka yang berkolaborasi pentahelix. Yaitu, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi, media dan forum pengurangan risiko bencana," tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar