PNJ Terima Dana Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri Tahun 2021 Sebesar 725 Juta

 

Beji, Depokterkini.com

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek Bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) meluncurkan Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri untuk Dosen Perguruan Tinggi Vokasi. Program ini diperuntukkan bagi dosen PT Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) didukung oleh Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), khususnya sektor UMKM.

Tujuan program ini untuk memenuhi kebutuhan atau riset terapan berbasis permasalahan riil di dunia industri, kerja, usaha dan masyarakat. Program ini dapat di ikuti oleh para Dosen di PRPPV sehingga para periset mampu berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut diatas.

Salah satu peneliti PNJ, Dr, Nining Latianingsih SH MH,  mengatakan, 

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melalui UP2M mengajukan 4 Tim Proposal. Namun setelah melalui seleksi hanya lolos 1 tim. Kemudian dibuka tahap ke empat diambil dari yang lolos di tahap kedua untuk wawancara dan presentasi.  Tim dari PNJ menambah 1 tim pendanaan setelah melalui wawancara dan presentasi. Proses awal diikuti 960 tim,  kemudian terseleksi 500 tim dan pada seleksi tahap ke 2, ada 300 tim, tahap ke 3, 264 tim, dan tahap ke empat lolos 66 orang. 

Dikatakan, kedua Tim PNJ yang berhasil memenangkan dana hibah dengan judul Riset yaitu :

1. "Pengembangan Sisitem Informasi Desa Wisata Indonesia (Sidewinesia) sebagai Platform Promosi Desa Wisata Inovasi”. 

Tim ini diketua Dr, Nining Latianingsih SH MH(Prodi ABT AN PNJ), melibatkan  6 Dosen  dari berbagai Program Studi, yaitu Dr. Christina L Rudatin (MICE AN), Dr. Yogi Widiawati (TE ELI), Iwan Susanto PhD (TM Alber)  , Dr. Ida Nurhayati (AK),  Iwan Sonjaya M.T(TIK TMD), Meisa Sofia. M.Par (MICE AN).  Administrasi 2 Orang yaitu Farida AMd dan Sonya Desi Wulandari. Ditambah 5 mahasiswa yaitu Andi M Axel Reyhan yananti (TIK), RIzka Sakinah (ABT), Afdhal Yusra al Kindi (ABT), Adelia Putri Hanafiah (TE Telkom) dan Jihan Nurfaidah (MICE AN).  

2. “Penerapan Teknologi Ekstraksi silika untuk meningkatkan nilai tambah sekam padi dan mengurangi limbah Industri Pertanian”.

Tim ini 2 diketuai ketuai  Dr. Ahmad Maksum ST MT (TM ) dengan melibatkan Dosen dari PNJ dan LIPI, yaitu Dr. Dianta Mustofa (TM-PNJ), Muhamad Hidayat MT ( TM-PNJ), Dr Agus Budi Prasetyo (LIPI metalurgi dan Material), kemudian Melibatkan tenaga laboratorium yaitu Haidir Juna (Pranata Lab PNJ),  2 orang mahasiswa Rayhan Ramadhan  kristovita Putra dan Mohamad Ramadani Rudiatama .

"Perjuangan untuk mendapatkan riset ini tidaklah mudah dengan banyaknya lompetitor, dan ini membuktikan bahwa PNJ mempunyai keunggulan dalam bidang riset yang didanai dan ini harus dipertahankan hingga selesai riset ini bahkan perlu dikembangkan lagi ke depannya, sehingga banyak dosen PNJ yang melaksanakan Riset terapan ini," kata Nining yang juga sebagai Ketua Wahana HKI PNJ.

Dijelaskan Nining, pihaknya sudah tiga kali mengajukan riset yang didanai oleh LPDP dan ini yang ke tiga dinyatakan lolos didanai.

Riset ini didanai sesuai dengan kontrak nomor  0772/D6/KU.04.00.2021 , tertanggal 26 November 2021, Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek dengan PNJ ditandatangi Direktur PNJ  Dr sc.H.Zainal Nur Arifin,Dipl,Ing.,HTLMT. Nilai pendanaan untuk 2 Tim sebesar Rp. 725.000.000. 

"Saat ini sudah sampai tahap kontrak, setelah kontrak dilanjutkan dengan proses riset sampai estimasi bulan Agustus tahun 2022. Semoga Kemenangan ini dapat memotivasi dosen peneliti serta acivitas akademika di PNJ," ujar Nining.

Nining berharap riset terapan ini dapat mencapai luaran yang mampu menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat, serta selalu mengembangkan keilmuan, diri serta peduli terhadap permasalahan di masyarakat. Sehingga luaran hasil riset ini dapat dirasakan baik secara langsung oleh masyarakat maupun manfaatnya untuk  meningkatan perekonomian.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar