Pangdam Jaya Resmikan Sekolah Toleransi di SMAN 1 Depok

 

Pancoran Mas, Depokterkini.com

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto bersama Sekda Kota Depok Supian Suri dan Kadisdik Jabar meresmikan Sekolah Toleransi SMA Negeri 1 Depok, Jalan Nusantara Raya No 317 RT05 RW 014 Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok,Rabu (20/4/2022).

Walikota Depok, Mohammad Idris melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, peresmian sekolah toleransi ini merupakan kolaborasi antara Kodam Jaya, Pemkot Depok dan Dinas Pendidikan Jawa Barat. 

Selain itu, peresmian sekolah toleransi ini juga sebagai peristiwa bersejarah karena mencakup komitmen bersama. Diantaranya  peristiwa ini adalah komitmen bersama pemerintah dan masyarakat untuk memperkokoh NKRI melalui nilai nilai toleransi.

"Kedua untuk menumbuh kembangkan jati diri bangsa ditengah interaktif global yang penuh dinamika dan tantangan," paparnya.

Kemudian yang ketiga, lanjutnya, sebagai wahana penguatan pendidikan kebangsaan untuk membumikan empat konsensus dasar negara yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Sementara itu, Pangdam Jaya mengatakan peresmian sekolah toleransi ini bertujuan agar generasi muda memiliki sifat toleransi yakni menghargai sesama, mampu bekerja sama dan menciptakan suatu kerukunan diantara mereka tanpa memandang suku, bangsa dan agama.

"Dari sekolah inilah kader-kader toleransi akan muncul menjadi pioner di masyarakat dan nantinya di tularkan di sekolah lain. Toleransi merupakan suatu kekuatan untuk menjaga persatuan dalam sekala mikro di keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia," kata Pangdam usai peresmian sekolah toleransi.

Peresmiannya ditandai dengan pemukulan gong oleh Pangdam Jaya bersama Forkopimda Kota Depok,  penandatanganan prasasti serta tanya jawab bersama para pelajar  SMA 1 Depok, tentang arti dan makna isi Pancasila, dilanjutkan penanaman pohon di halaman sekolah SMA 1 Depok.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Pamen Ahli Bidang Ideologi Politik Sahli Pangdam Jaya, Danrem 051/Wkt, Asintel Kasdam Jaya, Asops Kasdam Jaya, Aster Kasdam Jaya dan Kapendam Jaya, Dandim 0508/Depok, Kapolres Depok, Ketua DPRD Kota Depok.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar