Ruang Belajar Numpang Dari Rumah Kini Punya Gedung Sekolah Tiga Lantai

Sawangan, Depokterkini.com

Sukses seseorang tidak akan melupakan proses awal saat dia  mendirikan usaha, merasakan jatuh bangun, mungkin hingga di titik nol, namun berupaya bangkit dan hingga saat ini usaha yang dilakukan berhasil.

Adalah Otong Sugito (55) Ketua Yayasan Bina Insan Madani, yang juga pendiri sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) Arrahman dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Madaniyah, PKBM Bina Insani dan SMK  Insan Madani.

Ketiga sekolah ini didirikan secara berbeda, karena sekolah tersebut belum memiliki ruang belajar yang ideal.  PAUD Arrahman menurut Otong Sugito didirikan pada tahun 2005, sudah sekitar 17 tahun lalu. Awal kegiatan belajar dan bermain,  ditempatkan di bagian depan rumahnya memanfaatkan satu ruang.

“PAUD berdiri kami gunakan ruang depan rumah untuk kegiatan belajar mengajar, Alhamdulillah sekolah ini tumbuh dan akhirnya sekarang ini memiliki gedung,” katanya pada Senin,  25 April 2022 sambil menunjukkan ruang belajar PAUD yang masih berdiri  di rumahnya.     

Sedangkan, untuk MTs Madaniyah, dijelaskan Otong, berdiri pada 2008, saat berdiri belum punya gedung sehingga kegiatan mengajar dan belajar di samping rumah didirikan bangunan sederhana.

“Pada waktu itu siswa belajar 18 orang, dan Alhamdulilah sekarang MTs Madaniyah sudah punya gedung tiga lantai dan siswanya setiap tahun ajaran baru sekitar 100 sampai 150 murid mendaftar, ” paparnya.

Tidak hanya mendirikan sekolah MTs, Otong juga membangun Pusat Kegiatan Masyarakat Belajar (PKMB) Bina Insani, yang telah meluluskan  ribuan siswa pendidikan non formal  dari tingkat SD, SMP dan SMA. PKBM ini didirikan lebih dulu dari sekolah lainnya, yaini di tahun 2002.

Selain itu, bersamaan dengan hadirnya gedung baru sekitar tahun 2005, didirikan SMK Bina Insan Madani dengan program studi pemasaran dan perdagangan, hinggga kini siswa SMK sebanyak 200 murid dari kelas 10, 11 dan 12.

Yayasan Bina Insan Madani, kini juga sedang mempersiapkan Pondok Pesantren yang lokasinya tidak jauh dari sekolah induk di Gg Haji Ridi RT 05/03 Kelurahan Pasir Putih.  

Lengkap sudah sekolah yang didirikannya dari tingkat PAUD, MTs, SMK dan PKBM serta Pondok Pesantran yang masih dalam persiapan.

Kata Otong, tujuan mendirikan sekolah untuk membantu masyarakat sekitar di wilayah Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, Kota Depok yang ingin sekolah hingga lulus SMK. 

Yayasan Bina Insan Madani, kini memiliki lahan sekitar 3.000 m2 yang dijadikan gedung sekolah, sedangkan untuk gedung pesantren terpisah dari gedung induk.(Sudibyo)

Posting Komentar

0 Komentar