Idris : Idul Fitri Sebuah Bukti Efektivitas Ibadah Selama Ramadan

Balaikota, Depokterkini.com

Wali Kota Depok, Mohammad Idris  mengatakan, Idul fitri merupakan sebuah bukti efektivitas amalan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadan.

"Hal tersebut dijelaskan Allah SWT dalam firmannya "La'allakum tattaqum" agar kita, kalian dan semuanya menjadi hamba Allah SWT yang selalu bertaqwa kepadanya," ujar Idris saat menjadi khatib salat Idulfitri 1443 Hijriah di Masjid Agung Balai Kota Depok.  Senin (21/05/22).

Dikatakan, takwa dalam artian sebenarnya yaitu takut kepada Allah SWT, taat dalam kehidupan personal maupun sosial. Karena islam tidak pernah membedakan antara keduanya.

"Bertakwa dalam artian soleh adalah mereka yang melakukan komunikasi secara vertikal dengan Allah dan Horizontal dengan sesama," katanya.

Idris menambahkan, dengan segala dimensi kehidupan kemasyarakatan juga segala amal-amal baik, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadan harus merefleksikan dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Antara lain, sosial kemasyarakatan, perekonomian, perdagangan dan kehidupan politik yang selama ini dirasakan kesenjangan komunikasi intra personal dan antar personal.

"Untuk itu kita harus menyadari bahwa Allah SWT menjelaskan "la'allakum tattaqum" merupakan output dan harus diwujudkan dalam sebuah bukti nyata bahwa kita adalah hamba Allah yang taat, baik merupakan refleksi dari kehidupan ibadah-ibadah solat kita, tarawih kita, kehidupan zakat kita, puasa kita dan ibadah yg lainnya merefleksi seluruh kehidupan kita," tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar